Wisuda Ke IV OTC BALI, Ciptakan SDM Unggul Bidang Pariwisata

Beritafajartimur.com (Nusa Dua-Badung)
Upacara Serimonial Wisuda ke 4 Kampus OTC BALI, dilaksanakan pada tanggal 04 Desember 2020 di Kecak Ballroom Hotel Conrad Bali Resort, Nusa Dua. I Wayan Rediyasa, SE., selaku Founder dan CEO dari OTC BALI dalam rilisnya menyampaikan, bahwa TEMA yang diangkat dalam WISUDA IV OTC BALI kali ini yakni: ”SDM UNGGUL, VOKASI KUAT-MENGUATKAN INDONESIA” benar-benar sejalan dengan visi OTC Bali untuk menciptakan SDM Unggul di bidang pariwisata. Karenanya, sebagimana diketahui bersama bahwa tantangan GLOBAL yang saat ini sedang melanda Dunia adalah wabah Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan semua negara mengalami krisis bukan hanya masalah kesehatan namun juga ekonomi. Ditengah krisis ekonomi sebagai akibat pandemi Covid-19, warga dunia termasuk Indonesia berupaya untuk bangkit melalui adaptasi kehidupan baru (new normal).

“Karena hingga saat ini vaksin Anti Virus Corona belum kunjung ditemukan, maka dalam kehidupan kita sehari-hari terpaksa harus berdampingan dengan Pandemi Covid-19. Dan untuk itu, masalah kesehatan harus menjadi prioritas dalam menjalankan aktivitas di masa new normal ini dengan tetap mentaati Protokol Kesehatan Covid-19. Dan kenapa harus berdampingan? Karena di satu sisi, kita harus tetap bergerak agar perekonomian bangkit, sementara di sisi lain kita tetap waspada supaya terhindar dari Covid-19,” jelasnya.

Lanjutnya,” Kita tahu, selama wabah pandemi Covid-19, Pariwisata dimanapun merupakan sektor yang paling terdampak Pandemi Covid-19, namun OTC BALI selalu berusaha untuk menciptakan suatu solusi dan momentum untuk menjadi Lembaga Vokasional yang terbaik pada tingkat Global,” ungkapnya.

Maka searah dengan Visi dan Misinya tersebut I Wayan Rediyasa, SE., menyatakan bahwa OTC BALI terus mengembangkan relasinya didalam Negeri maupun diluar negeri untuk membantu seluruh peserta didik yang telah dan akan bergabung di OTC BALI. Beberapa wujud nyata upaya tersebut adalah dengan menjalin kerjasama penempatan magang di Taiwan, dimana secara data International dinyatakan bahwa Taiwan merupakan salah satu Negara yang sangat bagus penanganan penyebaran Virus Covid-19 sehingga Taiwan layak dijadikan tujuan penempatan magang peserta didik OTC BALI. Dengan berbekal Ijin resmi pemagangan (Sending Organization) sesuai dengan SK Dirjen Binalattas Nomor: 2/999/HK.13/IX/2020 maka OTC BALI layak dinyatakan sebagai Lembaga Vokasi yang memiliki solusi menempatan magang dengan Jaminan Kuota 100% terhadap seluruh Peserta Didiknya, karena permintaan magang dari Taiwan kepada OTC BALI sangat tinggi yaitu berkisar 1000 sampai dengan 1600 pertahunnya, bahkan melebihi jumlah Peserta didiknya yang tahun ini tercatat sekitar 700 Peserta Didik Baru.

Itulah kelebihan OTC BALI dibandingkan dengan Lembaga sejenis lainnya dimana saat ini pasti mengalami kendala besar terkait penempatan magang didalam negeri.
Selain jaminan kuota penempatan magang diluar negeri, OTC BALI juga telah memiliki solusi untuk OUTPUT alumninya dengan cara menjalin kemitraan exclusive dengan beberapa Pemilik Agency kelas Dunia seperti halnya yang dilakukan oleh I Wayan Rediyasa selaku Penanggungjawab OTC BALI juga menjadi Kepala Cabang Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yaitu PT MILLENIUM MUDA MANDIRI BALI yang juga memiliki MOU penempatan CPMI di Kapal Pesiar dengan CTI WORLWIDE. Dengan demikian selain penempatan pada sektor Land based saat ini juga telah memiliki penempatan pada sektor Sea based.

Penempatan lainnya yang dimiliki oleh OTC BALI adalah PT Sukamulia Mandiri Agung yang kebetulan juga dipimpin langsung oleh I Gde Leo Sastra, S.Tr.Par. Disamping sebagai Kepala Cabang PT Sukamulia Mandiri Agung Cabang Bali, I Gde Leo Sastra, juga adalah sebagai Coorporate Director OTC BALI sehingga sudah tentu OTC BALI tidak merupakan lembaga yang hanya bekerjasama dengan P3MI namun merupakan Pengelola Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) sehingga OTC BALI layak dipilih sebagai solusi buat masyarakat yang membutuhkan peningkatan Pengetahuan, Keterampilan dan Perilaku di bidang Hospitality untuk mendapatkan pekerjaan yang layak di Luar Negeri.

Dengan momentum dan optimisme tersebut I Wayan Rediyasa, dan I Gde Leo Sastra, selaku Pucuk Pimpinan OTC BALI akan mengembangkan kembali OTC BALI dibeberapa Provinsi diluar Bali. Saat ini OTC BALI selain memiliki 6 Cabang di Bali yaitu OTC BALI GIANYAR dengan Direktur I GDE LEO SASTRA, S.Tr.Par, OTC BALI DENPASAR sebagai Direktur NGAKAN PUTU PURWITA A.Par, MM, OTC BALI SINGARAJA Direktur nya KADEK BUDI ARTAYASA, SE, OTC BALI JEMBRANA Direkturnya PUTU ARYA WAHYU WIDIANTARA, OTC BALI KARANGASEM Direkturnya IDA BAGUS KADE WISNAWA, OTC BALI NUSA DUA Direkturnya I NYOMAN SEDANA, A.Md.Par, SE, juga telah memiliki cabang di Lampung Direkturnya I WAYAN OKY TESEN dan tahun 2021 akan segera mengembangkan ke Selayar, Bandung dan Manado sehingga di Tahun 2021 OTC BALI akan memiliki 10 Kampus di Indonesia.

Wisuda IV OTC BALI Tahun 2020 merupakan bentuk nyata kepedulian Pimpinan OTC BALI untuk memberikan Pelayanan yang Prima terhadap Peserta didiknya, karena tempat Pelaksanaan serimonial Wisuda IV OTC BALI dilaksanakan disalah satu Hotel Kelas Dunia yang merupakan Hotel Bintang Lima Diamond yaitu Conrad Bali Resort yang dihadiri oleh undangan dari seluruh pemangku kebijakan pada Pemerintah Provinsi Bali, Assosiasi Profesi yang berkaitan dengan Program OTC BALI, Pimpinan Industri Usaha dan Industri Kerja, Para Profesional dibidang Pariwisata, seluruh Manajemen, Staff, Instruktur OTC BALI dan orang Tua/Wali wisudawan dan Wisudawati. Diharapkan momentum ini mampu memicu motivasi alumni OTC BALI untuk berkarya dan menjadi bukti sukses keluarga, lembaga dan masyarakat Indonesia pada tingkat Global.

I Wayan Rediyasa, selaku Penanggungjawab OTC BALI menitipkan pesan terhadap Wisudawan/ti OTC BALI yang ke 4 ini agar senantiasa menjadi Pelaku Pariwisata yang Unggul, Kompeten, berkarakter dan berdedikasi tinggi untuk menjadi Pribadi yang sukses dan mampu menjaga nama baik diri dan almamater OTC BALI sehingga bisa menjadi Kebanggaan Nusa dan Bangsa.

Apabila Proses Penempatan PMI keluar Negeri telah dibuka kembali oleh pemerintah maka diharapkan seluruh alumni bisa kembali untuk mengajukan lamaran kerja melalui Agency P3MI tersebut diatas untuk mendapat layanan prioritas utama sebagai Alumni OTC BALI.
Untuk mendukung perkembangan OTC BALI untuk bisa bersaing secara Nasional maupun Internasional I Wayan Rediyasa, juga turut aktif pada berbagai Assosiasi dan Organisasi seperti FKP KPI, HP3KI, FORUM AUDITOR PARIWISATA, KOPITU dan juga saat ini sebagai Ketua TUK Lembaga Sertifikasi Kompetensi Perhotelan Kapal Pesiar Indonesia di Provinsi Bali.(BFT/BDF/Editor: Donny MP. Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*