Puncak Acara Dies Natalis ke-28 Undiksha, Rektor Prof. Nyoman Jampel Ajak Civitas Akademika Sukseskan Program IRUEL

Beritafajartimur.com (Singaraja-BALI)- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) telah menginjak usia 28 tahun. Universitas terbesar di Bali Utara ini terus melakukan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan program yang telah menjadi kesepakatan bersama. Salah satunya menjadi International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL). Hal tersebut diungkapkan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., saat menyampaikan laporan dalam Sidang Terbuka Senat Undiksha dalam rangka Dies Natalis ke-XXVIII, Sabtu (16/1/2021).

Dijelaskan, keinginan untuk menjadikan Undiksha sebagai IRUEL sejalan dengan visinya sebagai rektor di periode kedua (2019-2023), yaitu menjadikan Undiksha sebagai Trend-Setter University dan International Reputable University maupun visi Undiksha Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia pada Tahun 2045.

Mencapai program tersebut harus mendapat dukungan dari seluruh civitas akademika dari tingkat fakultas maupun program studi. Program-program yang dirancang harus sejalan dan tentu arahnya memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Apa telah disusun dalam program yang belum terkait dengan IRUEL, harus dilakukan suatu revisi. Dan ini sudah dilakukan oleh masing-masing fakultas dan unit-unit,” sebutnya.

Disampaikan lebih lanjut, program tersebut sebagai salah satu pondasi untuk mempercepat mewujudkan visi Undiksha yang dirancang, menurutnya juga selalu didukung kebersamaan dalam bingkai keharmonisan, bekerja dengan hari yang hidup. “Dengan kebersamaan seperti itu saya yakin kita mungkin akan bisa capai tahun 2045, tetapi bisa lebih awal. Target saya, maksimal tahun 2035. Kita telah menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia,” ucapnya.

Pada sidang terbuka ini, Rektor Undiksha juga memberikan penghargaan klasterisasi fakultas. Fakultas Teknik dan Kejuruan berhasil menyabet peringkat pertama. Rektor Jampel menyebutkan program ini baru digulirkan Undiksha yang arahnya memperkuat kapasitas universitas dalam rangka meningkatkan klasterisasi universitas di tingkat nasional. “Saat ini Undiksha berada di klaster II. Klasterisasi fakultas ini sebagai media evaluasi kinerja sekaligus embrio untuk meningkatkan klasterisasi perguruan tinggi.

Selain itu, acara juga diisi dengan orasi ilmiah profesor purnabhakti dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ni Putu Ristiati, M.Pd., dengan materi peran mikrobiologi pada perbaikan kesehatan masyarakat melalui pendidikan. Sebagai penutup, rangkaian Dies Natalis ini diisi dengan gelar seni, Minggu (17/1/2021). Kegiatan ini dilaksanakan secara Luring dan daring serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pada kesempatan ini, Rektor Undiksha kembali mengajak mahasiswa untuk bersama-sama meningkatkan kualitas universitas melalui prestasi maupun menyukseskan program yang telah dirancang. Salah satunya fast track program yang bekerjasama dengan Ming Chi University of Technology, Taiwan. “Undiksha juga bekerjasama dengan perguruan tinggi lain di luar negeri. Untuk itu diharapkan mahasiswa dapat terus meningkatkan kualitas, seperti menguasai bahasa asing,” imbuhnya. (BFT/SGR/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*