KPU Manggarai Tetapkan Bupati Terpilih Pilkada Manggarai Periode 2021-2025

Beritafajartimur.com (Ruteng-NTT)
Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Manggarai melaksanakan pleno penetapan pemenang Pilkada pada 9 Desember 2020 silam, pada Sabtu (23/1/2021).

Pleno ini dilaksanakan serentak di seluruh daerah di Indonesia, sesuai jadwal yang ditetapkan dalam tahapan Pilkada serentak.

Meskipun tidak dihadiri oleh calon petahana yaitu Deno Kamelus dan Viktor Madur, namun pleno tetap berjalan dengan aman sampai pada proses penetapan paslon terpilih yakni Herybertus GL Nabit-Heribertus Ngabut atau paket Hery-Hery sebagai Bupati dan wakil Bupati periode 2021-2025.

Hery-Hery tampil sebagai pemenang dalam Pilkada Manggarai dengan meraup 103.872 suara, sedangkan calon petahana yaitu Deno-Madur hanya mendapatkan 67.354 suara.

Hadir dalam penetapan tersebut diantara, KPU dan jajaranya, Bawaslu Manggarai dan jajaranya,TNI, Polri, Timsus dan Tim Partai Pengusung dari Paket Hery-Hery.

Ketua KPU Manggarai Thomas Aquino Hartono saat ditemui awak media mengatakan, penetapan tersebut sudah sesuai dengan agenda dan proses berjenjang mulai pendaftaran calon, pemungutan suara, rekapitulasi dan penetapan hasil sampai penetapan paslon Bupati-Wabup terpilih.

Sedangkan terkait permintaan penundaan jadwal pleno dan laporan yang dilakukan oleh kubuh paslon petahana ke DKPP, Thomas menjelaskan, hal tersebut tidak memiliki hubungan dengan proses pleno penetapan yang harus dilaksanakan sesuai tahapan Pilkada.

“Kita tidak tunduk pada permintaan tapi sesuai jadwal tahapan. Untuk proses hukum atau aduan ke DKPP silahkan tetap dijalankan. Itu hak setiap warga negara utk melaporkan dan dilaporkan,” tuturnya.

Ia menegaskan siap bertanggung jawab terhadap seluruh kerja kelembagaan, termasuk membuktikan pemilihan 9 Desember 2020 lalu adalah pemilihan yang bermartabat, jujur, partisipatif, terbuka, imparsial dan berkepastian hukum.(BFT/RTG/YN/GYS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*