Rektor Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Bagi Bagi Hadiah Lomba Bulan Bahasa Bali

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI)-
Dalam rangka Bulan Bahasa Bali yang dimulai awal bulan Februari hingga 28 Februari 2021, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia d/h IKIP PGRI BALI menyelenggarakan Lomba Matembang Pop Bali, Matembang Pupuh dan Pidarto Bahasa Bali dan Lomba Nyanyi Lagu Uripe Maguna Padma Wahini dan Lomba Nyanyi Gering Covid yang mana hari ini, Jumat (26/02/2021), bertempat di Aula Redha Gunawan, Lt III Universitas PGRI Mahadewa Indonesia dilaksanakan pembagian hadiah lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Dr. I Made Suarta, SH.,M.Hum., didampingi oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia sekaligus dipercaya selaku Ketua Panitia Ultah LLDIKTI ke 39, Dr. Komang Indra Wirawan, S.Sn.,M.Fil.H. Hadir pula Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, I Kadek Adhi Dwipayana, S.Pd.,M.Pd., dan Wakil Dekan 3 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Drs., Agustinus Dei Segu., M.Fis.AIFO.

Rektor Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI), Dr. I Made Suarta, SH.,M.Hum., mengatakan,” Dalam rangka mendukung Pemerintah Provinsi Bali dengan Visi dan Misinya, “Nangun Sad Kerthi Loka Bali,” maka dalam Bulan Bahasa Bali ini, semua potensi-potensi Budaya kita angkat, salah satunya Bahasa Bali perlu dilestarikan keberadaannya. Nah terkait dengan itu, kami di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (red, UPMI) mengadakan Lomba Mupuh/macapat, pidarto (red, pidato) Bahasa Bali dan lomba menyanyi Lagu Pop Bahasa Bali,” papar Rektor Made Suarta, saat diwawancara di ruang kerjanya seusai pembagian hadiah, Jumat (26/02/2021).

Lagu yang dipilih dalam Lomba yang diikuti oleh siswa SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se-Bali menurut Rektor adalah lagu yang ia sendiri ciptakan berjudul: Swa Dharmaning Sisya.” Pelajaran inti yang dipetik dalam lirik lagu ini tiada lain mengingatkan mahasiswa agar belajar sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal sehingga nantinya masa depannya cemerlang dan rahayu,” ujar Rektor Made Suarta.

Output dari Lembaga yang dipimpinnya semasa masih bernama IKIP PGRI Bali dan kini berubah menjadi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia UPMI) dijelaskannya tidak diragukan lagi. Baik prestasi dalam bidang ilmiah maupun bidang seni dan olahraga menjadi penyumbang atlet-atlet berprestasi di tingkat lokal, nasional maupun internasional. “Pendidikan yang kita laksanakan di UPMI bisa membentuk seseorang yang tidak saja memiliki ilmu dan berkarakter, akan tetapi juga ia memiliki kemampuan yang lebih dan bisa diandalkan untuk nantinya digunakan di masyarakat baik bagi dirinya maupun orang lain. Dia tidak saja menjadi guru tapi bisa juga menjadi penari atau hal lain sesuai bakat yang dimilikinya,” tutur Made Suarta.

Hebatnya lagi dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-39 LLDIKTI baru-baru ini, UPMI berhasil menyabet juara umum dalam Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) dengan menyabet 3 (tiga) medali emas dan satu perunggu.(BFT/DPS/Donny MP. Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*