Menteri Suharso: Cara Pemerintah Percepat Transformasi Digital

Beritafajartimur.com (Jakarta-Indonesia)
Kebijakan dan strategi Pemerintah dalam mempercepat transformasi digital dapat dibagi ke dalam 3 kerangka utama. Kebijakan dan strategi pertama terkait dengan penuntasan dan penguatan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kebijakan dan strategi utamanya antara lain dilakukan melalui upaya memperluas jaringan broadband (baik jaringan serat optik maupun jaringan nirkabel) hingga menjangkau ke seluruh pelosok serta menuntaskan migrasi penyiaran dari analog ke digital (analog to digital switch-off, ASO).

Kebijakan dan strategi kedua terkait dengan peningkatan utilisasi dan pemanfaatan TIK di berbagai sektor prioritas. Utilisasi dan pemanfaatan TIK diantaranya dilakukan melalui upaya meningkatkan digitalisasi di pemerintahan, layanan pendidikan, layanan kesehatan, maupun berbagai layanan dasar dan sosial lainnya.

Digitalisasi pada sektor-sektor tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Selain itu, utilisasi dan pemanfaatan TIK dilakukan pula pada sektor ekonomi seperti industri, pariwisata, perikanan, pertanian, maupun UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan peluang usaha, efisiensi dan daya saing.

Kebijakan dan strategi ketiga terkait dengan faktor-faktor pendukung (enabler) transformasi digital. Faktor-faktor pendukung tersebut diantaranya dilakukan melalui upaya meningkatkan literasi digital bagi masyarakat, menciptakan keamanan informasi dan siber untuk menjamin kerahasiaan dan keamanan berbagai data yang akan dipertukarkan.

Mendorong terjadinya adopsi teknologi yang sedang berkembang seperti big data, _internet of things_ yang terkait dengan menyiapkan dan mengembangkan kemampuan SDM digital atau digital skill.

Perubahan teknologi digital yang berlangsung sangat cepat tentu akan menghadirkan peluang dan tantangan baru. Kita harus optimis bahwa Indonesia berada pada waktu dan situasi yang tepat untuk mengadopsi berbagai perkembangan teknologi digital tersebut serta dengan kolaborasi seluruh stakeholders, transformasi ini dapat menjadi solusi jangka panjang bagi pembangunan Indonesia.

Semoga seluruh pihak dan pemangku kepentingan dapat bekerjasama dan saling bahu-membahu untuk mempersiapkan ekosistem yang mampu mendorong percepatan adopsi teknologi, mempersiapkan generasi muda untuk mengambil peran dalam transformasi digital, serta mendukung pelaksanaan kebijakan dan strategi yang mengoptimalkan manfaat dari penerapan transformasi digital.(BFT/JAK/Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*