AMPERA Bali Dibentuk, Siap Jadi Mitra Kritis Pemerintah Manggarai Raya

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI)-
Aliansi Mahasiswa Peduli Manggarai Raya (AMPERA) sudah dibentuk di Denpasar Bali, dipelopori oleh beberapa organisasi mahasiswa Manggarai Raya yang ada di Bali.

Inisiator pembentukan AMPERA yaitu Hironimus S Jaya, Ovan Rabu, Alves Baeng, Riko Saputra dan ketua-ketua berbagai organisasi daerah berbasis Mahasiswa Manggarai Raya di Bali.

Hironimus menyampaikan, AMPERA bertujuan untuk menjadi wadah ilmiah, tempat berdiskusi, membedah isu-isu strategis di Manggarai Raya serta menjadi wadah pergerakan dan tempat berproses bagi mahasiswa Manggarai Raya yang ada di Bali.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada forum organisasi yang telah bergabung dalam aliansi ini. Wadah ini adalah milik kita bersama untuk berproses,” kata Hironimus yang juga merupakan Koordinator Serikat Pemuda NTT Cabang Bali atau SP-NTT Cabang Bali.

Dia menjelaskan, AMPERA diresmikan pada Hari Rabu (1/03/2021) lalu di Bali saat berlangsungnya pertemuan kedua, dihadiri oleh para inisiator.

“Secara garis besar tujuan dibentuknya aliansi ini adalah sebagai wadah bersama untuk melakukan gerakan bersama. Tentunya bagi organisasi-organisasi kemahasiswaan dari Manggarai Raya yang meliputi tiga kabupaten yaitu Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur yang berada di Bali, untuk menyikapi dan merespon berbagai persoalan yang ada di tiga kabupaten tersebut,” kata Hironimus.

Dia menambahkan, hadirnya aliansi ini sebagai mitra kritis pemerintah, segala bentuk gerakan yang dibangun oleh AMPERA Bali bertujuan untuk kemajuan Manggarai Raya yang berpihak pada masyarakat kecil.

Hal senada disampaikan Ovan Rabu, salah satu inisiator, mengatakan,” Aliansi ini sudah rapat konsolidasi untuk mengkaji lebih dalam mengenai landasan fundamental dan agenda kegiatan aliansi. Rapat konsolidasi ini membahas beberapa hal, antara lain urgensi pembentukan aliansi, penentuan dasar fundamental, cakupan isu dan gerakan ke depan, serta pembentukan kelompok kerja,” kata Ovan Rabu.

Dia menjelaskan, rancangan kegiatan dilakukan untuk menjaring aspirasi dari berbagai mahasiswa Manggarai Raya di Bali.

“Saat ini jumlah organisasi yang tergabung dalam AMPERA Bali terus bertambah, kami selalu membuka diri bagi organisasi-organisasi kemahasiswaan dari Manggarai Raya yang berada di Bali untuk bergabung dalam aliansi,” kata Ovan Rabu. (BFT/DPS/OVN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*