Elemen Mahasiswa Bali, Komda III PP PMKRI, Dan Korwil V PP GMKI Menggelar Doa Bersama Dan Tabur Bunga Mengenang KRI Nanggala 402

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI)– Puluhan Mahasiswa dari berbagai organisasi kemahasiswaan menggelar acara doa dan tabur bunga di pantai Legian, Badung, Bali, sebagai ungkapan bela sungkawa kepada 53 kru KRI Nanggala-402 yang gugur dalam penugasan di perairan utara Bali dan juga 3 prajurit korban penembakan di Papua. Acara tabur bunga ini dilaksanakan pada Jumat (30/04/2021).

Kegiatan ini diinisiasi oleh beberapa organisasi kemahasiswaan, diantaranya Elemen Mahasiswa Bali, Korwil V Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Komda III Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), serta turut juga hadir perwakilan dari TNI Angkatan Laut di Bali. Adapun rangkaian dari kegiatan tersebut yaitu di awali dengan doa, Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Sambutan-sambutan, pembacaan puisi sembari menyalakan obor dan ditutup dengan tabur bunga bersama.

Pada kesempatan tersebut, Mewakili TNI Angkatan laut Mayor Marinir I Nyoman Suarmika dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi tehadap kegiatan tersebut yang dilakukan oleh mahasiswa. “Sebagai mahasiwa harus menjadi contoh dan memberikan teladan yang baik bagi masyarakat dan melalui kegiatan seperti inilah wujud kecintaan dan penghormatan mahasiwa kepada para abdi negara yang memberikan hidupnya mengabdi bagi masyarakat indonesia,” tegasnya.

Alyuprayitno Umbu Makaborang (Korwil V Pengurus Pusat GMKI), mengatakan, kegiatan ini di laksanakan sebagai wujud bela sungkawa dan penghormatan atas gugurnya 53 prajurit terbaik KRI Nanggala-402 dalam penugasan di perairan utara Bali dan sekaligus kepada 3 prajurit yang gugur di Papua.

“Kami turut merasakan duka yang mendalam atas peristiwa ini, semoga pengabdian mereka untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat selalu kita kenang sepanjang masa, doa terbaik kami untuk para pahlawan yang gugur dalam pengabdian,” katanya.

Selanjutnya, Robertus Dicky Armando (Komda III Pengurus Pusat PMKRI) yang juga merupakan koordinator pelaksana Kegiatan tersebut juga menyampaikan, “Sebagai masyarakat Indonesia tentunya kami sangat merasa berduka dengan kejadian ini, sehingga kami merasa terpanggil untuk melakukan kegiatan ini sebagai wujud kemanusiaan. Dengan kegiatan ini kami bermaksud memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya atas segala pengabdian dan pengorbanan 35 prajurit yang gugur akibat tragedi yang menimpa kapal selam KRI Nanggala 402, dan juga di 3 prajurit yang tewas dalam medan tugas di Papua,” katanya.

Sdri.Endang Hastuty Bunga (Koordinator Elemen Mahasiswa Bali) juga menambahkan, sebagai mahasiswa ingin juga merasakan duka yang dirasakan oleh keluarga korban dan juga mengajak untuk selalu peduli serta peka dengan apa yang terjadi dengan bangsa.

“Saya sebagai kordinator elememen mahasiswa bali, tidak banyak yang bisa saya sampaikan tujuan diadakan kegiatan ini sebagai tanda bela sungkawa dan rasa hormat kepada para pahlawan yang gugur dalam tenggelamnya kapal nanggala 402 berharap semua korban diberikan ditempat yang terbaik serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan,” tutupnya.(BFT/DPS/End)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*