Tim Kesenian Provinsi Bali Apresiasi GKW Duta Kota Denpasar, Jaya Negara Tekankan Konsistensi Penampilan dan Penjiwaan

Ket foto: Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara bersama Ny. Sagung Antari Jaya Negara saat menghadiri Pembinaan Sekeha Gong Kebyar Wanita (GKW) Sida Gita Karya Desa Sidakarya, Duta Kota Denpasar oleh Tim Kesenian Provinsi Bali pada Rabu (19/5) sore.

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI) | Menjelang pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021, seluruh Duta Kesenian turut dibina Tim Provinsi Bali. Tak terkecuali Sekeha Gong Kebyar Wanita (GKW) Sida Gita Karya Desa Sidakarya, Duta Kota Denpasar yang mengikuti pembinaan Tim Kesenian Provinsi Bali di Wantilan Pura Mutering Jagat Dalem Sidakarya, Rabu (19/5).

Pembinaan Gong Kebyar Wanita (GKW) Sida Gita Karya Desa Sidakarya turut dihadiri Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara. Tampak hadir pula Ketua Komisi II DPRD Kota Denpasar, I Wayan Suadi Putra. PJ. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya serta Tim Pembina Kesenian Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara yang didampingi Kadisbud Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram memberikan apresiasi atas berbagai persiapan yang dilaksanakan duta kesenian Kota Denpasar, khususnya Sekeha Gong Kebyar Wanita (GKW) Sida Gita Karya Desa Sidakarya, Duta Kota Denpasar.

“Tadi kita saksikan penampilanya sudah maksimal, tentu kami berharap seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB, khususnya Sekeha Gong Wanita ini dapat menjaga penjiwaan, emosi serta konsistensi penampilan, sehingga saat pentas nanti dapat memberikan hasil yang maksimal,” jelasnya.

Jaya Negara turut menekankan bahwa catatan penting dalam pembinaan agar ditindaklanjuti sebaik mungkin. Sehingga dalam penampilan nanti dapat sesuai dengan pakem, uger-uger serta pembawaan seni itu sendiri.

“Jadi masukan-masukan yang diberikan oleh Tim Pembina Provinsi agar ditindaklanjuti untuk maksimalnya penampilan nanti, seluruh seniman harus tetap semangat berikan hasil maksimal, dan tetap jaga kesehatan,” ujarnya.

Sementara, Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Ni Wayan Sulastriani mengatakan, secara umum persiapan Sekaa Kesenian Duta Kota Denpasar yang akan tampil di ajang PKB XLIII Tahun 2021 khususnya pada Gong Kebyar Wanita yang telah dilaksanakan pembinaan telah siap untuk tampil. Namun, dalam upaya penyempurnaan penampilan seni perlu diperhatikan poin-poin penting atau uger-uger dalam sebuah pementasan seni tabuh yang terbentuk dalam sebuah pakem tertentu.

“Secara umum Duta Kota Denpasar, khususnya Sekehe Gong Kebyar Wanita telah siap untuk tampil, pembawaanya pun sudah sangat maksimal, namun perlu dilaksanakan penyempurnaan,” jelasnya.

Pada ajang PKB XLIII Tahun 2021 Sekehe Gong Kebyar Wanita (GKW) Sida Gita Karya Desa Sidakarya, Duta Kota Denpasar akan membawakan tiga materi. Yakni Tabuh Kreasi Labuh Tiga, Tari Prawireng Putri dan Tari Kreasi Baru Langya Singala Ala. (BFT/DPS/Ags).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*