Tingkatkan Kompetensi Penuhi SKKNI, Pemkot Denpasar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam Selam

Ket foto: Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, AA Gde Risnawan mewakili Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat membuka pelaksanaan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Selam di Prama Hotel, Sanur, Senin (14/6/2021).

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI) | Pemkot Denpasar melalui Dinas Pariwisata yang bekerjasama dengan Perkumpulan Penyelam Profesional Bali (P3B) menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam Selam. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pemandu wisata selam ini dibuka Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, AA Gde Risnawan mewakili Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di Prama Hotel, Sanur, Senin (14/6).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani, Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf, I Wayan Hendaryana, Jajaran Pengurus P3B, serta peserta yang melibatkan sedikitnya 20 orang pemandu wisata alam selam.

Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani didampingi Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf, I Wayan Hendaryana menjelaskan, wisata bahari memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karenanya, sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi para pemandu wisata selam, turut dilaksanakan pelatihan yang akan berlangsung selama 4 hari.

“Selain memiliki kompetensi dan keahlian, pelatihan ini juga bertujuan untuk mendukung pemenuhan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi pemandu wisata selam,” jelasnya

Dikatakannya, pelatihan kali ini turut menggandeng Perkumpulan Penyelam Profesional Bali (P3B) dan Professional Asociation of Diving Instructors (PADI). Bahkan, pelatihan dirancang tidak hanya sebatas teori, melainkan praktik langsung di kolam dan laut.

“Tak hanya teori, pelatihan juga dikemas dengan praktik langsung di kolam dan lautan, beser harapan setelah pelatihan ini pemandu selam dapat memiliki sertifikasi serta kompetensi yang mumpuni untuk mendukung wisata bahari di Kota Denpasar,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, AA Gde Risnawan mengatakan, pihaknya menyambut baik diselenggarakannya pelatihan bagi pemandu wisata alam, khususnya wisata selam. Dimana, dari kegiatan ini diharapkan menghasilkan output yakni peningkatan kompetensi bagi pemandu wisata selam. Sehingga secara berkelanjutan dapat mendukung terciptanya pariwisata berkualitas yang berkelanjutan.

Lebih lanjut dikatakan, dengan peningkatan kualitas SDM Pariwisata ini tentu merupakan strategi yang tepat. Sehingga nantinya saat pariwisata sudah kembali dibuka, seluruh elemen telah siap dengan kualitas yang mumpuni.

“Kami berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan dengan maksimal, dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi dan keahlian, sehingga saat pariwisata telah dibuka nanti dengan SDM yang berkualitas dapat menjaga kepercayaan pasar, khususnya pariwisata di Kota Denpasar,” jelasnya. (BFT/DPS/Ags).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*