Kapolres Gianyar Sampaikan Situasi Kamtibmas Saat Pelaksanaan PPKM Darurat Lewat Talkshow Live di Bali TV

Beritafajartimur.com (Gianyar-BALI) | Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K., M.H., mendapat kesempatan sebagai narasumber secara live di stasiun Bali TV melalui program Hallo Kamtibmas yang dipandu oleh Made Sukadana Karang, Rabu (28/7/2021) pukul 16.00 wita sampai 17.00 wita.

Pada kesempatan ini, Kapolres Gianyar selaku narasumber tidak sendirian, melainkan ditemani oleh Guru Besar dari Universitas Udayana Prof. Dr. I K. Rai Setiabudhi, S.H., M.S., yang juga merupakan narasumber dari akademisi.

Pada sesi pertama Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, menyampaikan mulai dirinya menjabat sebagai Kapolres Gianyar untuk situasi wilayah Hukum Polres Gianyar masih dalam situasi kondusif. Terlihat dari rendahnya tindak pidana yang terjadi, baik kejahatan komersial maupun konvensional sedangkan untuk kasus narkotika masih nihil.

Made Sukadana Karang kemudian menanyakan terkait dengan pelaksanaan PPKM darurat yang dilakukan Polres Gianyar serta bagaimana upaya-upaya yang telah dilakukan personel Polres Gianyar.

Selanjutnya Kapolres Gianyar menjelaskan tentang pelaksanaan PPKM darurat yang dilaksanakan dari tanggal 3 Juli yang kemudian berlanjut hingga tanggal 2 Agustus mendatang, pelaksanaannya dilaksanakan sesuai dengan perintah dan instruksi dari Bapak Presiden yaitu mengurangi mobilitas masyarakat yang tidak memiliki kepentingan.

Hal itu dilakukan dengan melaksanakan penyekatan di beberapa titik yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar. Serta pada pelaksanaan PPKM darurat Polres Gianyar tetap bersinergi dengan TNI, Satpol PP dan unsur pemerintah lainnya.

“Kami laksanakan secara humanis dan tegas, dalam artian kami menyampaikan secara baik baik kepada masyarakat yang tidak memiliki kepentingan, tidak memiliki sertifikat vaksin maupun surat kerja kami suruh untuk putar balik secara tegas untuk mematuhi pelaksanaan PPKM darurat,” jelasnya.

Di samping itu, dirinya juga menyampaikan bahwa Polres Gianyar menyediakan gerai vaksin bagi masyarakat yang belum vaksin dan vaksin door to door bagi masyarakat yang sudah berumur dengan keinginan yang besar kami datangi kerumahnya untuk melaksanakan vaksinasi.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan Polres Gianyar beserta Polsek Jajaran melaksanakan patroli secara rutin baik pagi maupun malam hari untuk menghimbau masyarakat. “Kegiatan ini kami pusatkan di tempat tempat keramaian yang biasa dikunjungi oleh masyarakat serta para pedagang malam yang kami himbau untuk tutup pada pukul 20.00 wita pada pelaksanaan PPKM darurat kali ini,” ujarnya.

Dari semua penjelasan Kapolres Gianyar, Prof. Dr. I K. Rai Setiabudhi, S.H., M.S., selaku guru besar Universitas Udayana menyampaikan apresiasi atas tugas dan tanggung jawab Polri khususnya Polres Gianyar dalam upaya mengurangi mobilitas masyarakat dalam pelaksanaan PPKM darurat.

“Polres Gianyar beserta TNI dan unsur pemerintah telah melakukan berbagai upaya kepada masyarakat. Serta saya juga melihat bahwa masyarakat memang sudah disiplin terlihat dari penggunaan masker yang sudah semua menggunakannya secara benar,” jelasnya.(BFT/GIA/Hen)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*