Dandim 1623/Karangasem Tegaskan: Penyaluran Bantuan Pangdam IX/Udayana agar Cepat dan Tepat Sasaran

Beritafajartimur.com (Bangli-BALI) | Cepat, tepat, aman tertib dan terkendali perintah Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa kepada para Danramil jajaran dalam menyalurkan bantuan dari pemerintah melalui TNI kepada masyarakat yang kurang mampu dsaan terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Karangasem.

Cepat artinya setiap bantuan berupa obat atau sembako yang akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19 serta berlaku PPKM level IV langsung diserahkan, tidak kenal kata tunda, menimbun atau nanti dulu.

Hal ini bertujuan di samping mengurangi beban penumpukan di gudang obat dan sembako terlebih lagi langsung bisa dirasakan manfaatnya. Apalagi dalam situasi sekarang dimana masyarakat memang betul-betul membutuhkan sembako akibat berlakunya PPKM.

Tepat, agar penyaluran bantuan sembako tersebut harus diserahkan langsung oleh para tangan Babinsa bersama Babinkamtibmas di setiap desa yang menerima bantuan. Hal ini bukan suatu kebetulan tetapi Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa memahami betul bahwa yang tahu kondisi desa adalah Babibsa/Babibkamtibmas yang keseharian bersanding dengan masyarakat desa binaannya.

“Siapa yang berhak menerima babinsa yang tahu,” kata Dandim disampaikan kepada para Danramil jajaran Kodim 1623/Karangasem.

Setiap penyaluran bantuan sembako dari pemerintah melalui TNI, Dandim 1623/Karangasem memerintahkan setiap penyalurannya tercatat dan diawasi serta dilakukan secara serentak menyeluruh di wilayah Karangasem utamanya warga kurang mampu dan terdampak PPKM pandemi Covid-19.

Di samping pengawasan oleh para Danramil, Dandim 1623/Karangasem tidak segan-segan mendatangi tempat penyalurannya, sehingga semua bantuan pemerintah melalui TNI aman, tertib, terkendali dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Tidak hanya penyaluran sembako saja tetapi penyaluran paket obat yang akan diserahkan kepada masyarakat yang menjalani isolasi akibat terpapar Covid-19, Dandim juga menyerahkan secara cepat dan tepat oleh babinsa dan tenaga kesehatan (Nakes).

Sementara itu, untuk pelaksanaan isolasi terpusat tidak segan-segan untuk memerintahkan para Danramil untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) yang berada di Subagan Karangasem dan Rumah Sakit Pratama di Kubu Karangasem. Hal ini dilakukan di samping pengawasan juga untuk memastikan bahwa yang terpapar Covid-19 dapat pemeriksaan harian oleh Nakes yang berada di tempat Isoter.

Langkah preventif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Karangasem juga dilaksanakan penyekatan aktivitas masyarakat yang mau dan akan masuk Karangasem. Tidak lupa Dandim 1623/Karangasem menegaskan kepada anggota TNI dan Masyarakat agar tetap memegang protokol kesehatan pada setiap pelaksanaan penyalurannya.(BFT/KAR/Pendim/Puji W)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*