Tiga Siswa MTs Amanah Ruteng Jadi Duta Manggarai ke Seleksi KSM NTT

Ket. Foto: Tiga Siswa MTs Amanah Ruteng yang akan mewakili Kabupaten Manggarai ke Seleksi Tingkat Provinsi NTT

Beritafajartimur.com Ruteng-Manggarai) | Dua siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Amanah Ruteng menyabet predikat terbaik dalam ajang Seleksi Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Manggarai Tahun 2021. Seleksi KSM berlangsung, 21-23 Agustus, di MTs Negeri Reok. Kedua siswa MTs Amanah Ruteng yang mengukir prestasi terbaik, adalah Faiz Anandavardhan dan Ladia Windari. Faiz memeroleh nilai tertinggi dalam seleksi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fais ditetapkan dewan juri sebagai juara pertama seleksi mata pelajaran ini.

Prestasi terbaik serupa digondol Lidia Windari. Siswa MTs Amanah Ruteng ini dinyatakan meraih juara pertama seleksi KSM untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Siswa MTs Amanah lainnya, Tasya Safitri, ikut mengharumkan nama sekolahnya. Tasya menduduki peringkat ketiga dalam Seleksi KSM mata pelajaran matematika.

Seleksi KSM digelar secara virtual. Dari informasi yang dirilis laman https://ksm.kemenag.go.id/web/pengumuman,  terungkap, proses seleksi tingkat kabupaten tersebut diikuti siswa madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsnawiyah (MTs), dan madrasah aliyah (MA). Tiga mata pelajaran yang diujikan khusus di jenjang pendidikan MTs, adalah matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, dan IPS terintegrasi.

Kepala MTs Amanah Ruteng, Mansur Amriatul, S.Pd., kepada kalangan media di Ruteng, tak kuasa menyembunyikan kebanggaannya. Mansur  mengapresiasi prestasi membanggakan yang telah diukir ketiga siswanya.
“Sebagai kepala madrasah, saya mewakili MTS Amanah Ruteng bangga. Tiga murid kami yang ikut Seleksi KSM Tingkat Kabupaten Manggarai lolos ke ajang Seleksi KSM Tingkat Provinsi NTT. Seleksi tingkat provinsi akan dilaksanakan 18-20 September 2021,” ujarnya saat ditemui media di sekolahnya di Cuncalawar, Kecamatan Langke Rembong, Sabtu (28/8).

Mansur berharap, ketiga duta MTs Amanah Ruteng tersebut akan makin unjuk kebolehan dalam kompetisi berikut. “Harapan kami mereka bertiga kelak dapat menjadi duta NTT dalam ajang Seleksi KSM Tingkat Nasional di Jakarta,” harap Mansur.

Apresiasi disampaikannya kepada kalangan guru pembimbing. “Semoga bapak dan ibu guru pembimbing dapat mengawal lagi anak-anak kita ini dengan kiat-kiat bimbingan yang terstruktur dan terukur. Siswa kami yang masih juara tiga bisa di-upgrade lagi,” tambah Mansur.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada kepada orangtua/wali atas kerja sama dan dukungan penuh kepada anak-anak. Itu dimulai dari seleksi tingkat sekolah hingga mendapatkan prestasi saat ini.

“Semoga ke depan kualitas kerja sama sekolah dan orangtua/wali lebih maksimal lagi,” harapnya.

Sementara Ketua Yayasan Baiturrahman Ruteng, H. Amir Faisal Kelilauw, ikut melukiskan kebanggaannya. MTs Amanah Ruteng merupakan sekolah setingkat SMP yang berada di bawah badan hukum yayasan ini.

“Saya atas nama pembina dan pengurus, serta keluarga besar Yayasan Baiturrahman Ruteng menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, serta dukungan orangtua siswa, pemerintah, dan masyarakat Manggarai. Berkat kerja keras dan dukungan tersebut, siswa MTs Amanah bisa mengharumkan nama Kecamatan Langke Rembong. Saya berharap ketiga anak kami tersebut dapat mengharumkan lagi nama Kabupaten Manggarai di ajang Seleksi KSM Tingkat Provinsi NTT, bahkan dapat menjadi duta NTT di tingkat nasional,” ujar H. Amir Kelilauw, yang juga Ketua MUI Kabupaten Manggarai, itu. (BFT/RUT/Sam)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*