Wilayah Desa Batubulan Diguyur Eco Enzyme

Beritafajar.com (Gianyar-BALI) | Kondisi lingkungan dalam situasi Pandemi COVID-19 harus selalu terjaga bersih dan sehat. Berbagai upaya sudah dilakukan oleh masyarakat dalam menghadapi kondisi ini. Salah satunya yaitu dengan penyemprotan Eco Enzyme.

Seperti halnya wilayah Desa Batubulan mendapatkan giliran program penyemprotan Eco Enzyme Korem 163/Wira Satya pada Hari Selasa (14/09/2021).

“Program penyemprotan eco enzyme Korem 163/Wira Satya terus berlanjut di bawah koordinator Kepala Ajudan Jenderal (Kaajen) Korem 163/Wira Satya Letkol Caj Drs. Ida Bagus Suardika. Sekarang kita semprotkan di wilayah Desa Batubulan”, jelas Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana, S.S., di lokasi kegiatan.

Menurutnya penyemprotan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang sama di wilayah Desa Batubulan tepatnya di kawasan perumahan Candra Asri beberapa waktu lalu. Kemudian Kepala Desa (Perbekel) Batubulan Dewa Gede Sumerta, S.H., M.H., meminta kembali kepada Korem 163/Wira Satya untuk melakukan hal yang sama di sebagian wilayah Desa Batubulan yang belum disemprotkan eco enzyme.
Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Batubulan yang mengatakan telah melakukan koordinasi dengan pihak Korem 163/Wira Satya pada tanggal 2 September 2021 lalu. Kemudian mendapat respon langsung dari pihak Korem 163/Wira Satya dan pelaksanaannya hari ini Selasa (14/09).

Penyemprotan ini sebagai upaya kita dalam penanganan Pandemi COVID-19 dengan membuat lingkungan lebih sehat dan bersih.

“Dengan penyemprotan Eco Enzyme ke udara akan sangat bermanfaat untuk menetralisir adanya bakteri atau virus yang tidak baik bagi kesehatan kita”, ungkap Ajik Dewa panggilan akrabnya.

Dirinya juga menyadari bahwa wilayah Desa Batubulan mempunyai penduduk yang heterogen antara penduduk asli dan pendatang, banyak perumahan kemudian berdampingan dengan Kota Denpasar sehingga mobilitas masyarakat sangat tinggi yang keluar masuk.

“Kita mengantisipasi terhadap kemungkinan mudahnya terjadi penularan COVID-19, masyarakat sudah kita imbau terkait protokol kesehatan (Prokes) 3M sementara lingkungan kita perbaiki dengan penyemprotan eco ensyme”, bebernya sembari mengucapkan banyak terima kasih kepada Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., yang telah membantu dan mendukung kegiatan penyemprotan kali ini.

Dirinya menilai program penyemprotan eco enzyme Korem 163/Wira Satya sangat bagus dan berharap bisa berlanjut bagi wilayah desa lainnya di Gianyar.

Pelaksanaan penyemprotan di lapangan menyiapkan sekitar 4000 liter campuran air dengan eco enzyme menggunakan dua kendaraan pick up dengan kapasitas tanki masing-masing 1200 liter dan 800 liter dilakukan dua kali pengisian. Penyemprotan dimulai dari Kantor Kepala Desa Batubulan dimana satu kendaraan menuju ke arah utara yaitu Patung Barong Tegal Tamu, Bali Bird Park dan menyusuri wilayah Banjar Bungsu kemudian Banjar Pengembungan kembali menuju Banjar Den Jalan, Banjar Pegambangan, SMK Negeri 1, 2 dan 3 Sukawati.

Satu mobil lagi ke arah selatan yaitu Jalan Utama Batubulan, Terminal Batubulan Banjar Tegeha, Jalan Pasekan di Banjar Tubuh dan Kapal. Selanjutnya memasuki wilayah Banjar Kalah, Buitan dan Telabah di bagian barat.
Dengan demikian sejumlah 16 Banjar yang ada di wilayah Desa Batubulan sudah tercover penyemprotan eco enzyme.

Kapenrem 163/Wira Satya menambahkan, seminggu sebelumnya kegiatan serupa juga sudah terlaksana di wilayah Tabanan dan juga di Desa Bona, Blahbatuh, Gianyar.(BFT/GIA/Penrem)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*