Mangku Pastika Minta Warga Flobamora Bali Patuhi Aturan Kependudukan dan Menyama Braya dengan Krama Bali

Foto-1: Screeshoot dialog virtual bersama Bapa Tua Flobamora Bali Mande Mangku Pastika.
Foto-2: Screeshoot dialog virtual Flobamora Bali Julie Sutrisno Laiskodat.

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI) | Anggota DPD RI Made Mangku Pastika yang juga sebagai Bapa Tua warga Flobamora Bali meminta warga Flobamora Bali melengkapi identitas kependudukannya dengan mengurus kartu tanda penduduk (KTP) sehingga memiliki identitas yang jelas selama mencari penghidupan di Bali. Hal itu dikatakan Mangku Pastika dalam dialog interaktif secara virtual bersama para ketua 23 unit paguyuban dalam Flobamora Bali (sebagai repsentasi dari 21 kabupaten dan satu kota di NTT), saat HUT ke-36 Ikatan Keluarga Besar Flobamora Bali, di Denpasar, Sabtu (18/09/2021) petang.

Menurut Mangku Pastika, warga Flobamora di Bali harus taat aturan dan memiliki semangat ber-nyama braya dengan sesama krama Bali agar sama-sama menjaga Bali.

“Mempunyai identitas itu membuat orang menjadi bermartabat. Kalau tidak, dia tidak diakui, siapa orang ini,” tegas Mangku Pastika yang pernah menjadi Kapolda NTT tahun 2000 – 2001 dan sebelumnya pernah bertugas di NTT tahun 1975 sebagai persiapan “masuk” ke Timor Portugis.

Karena itu Mangku Pastika meminta pengurus Flobamora harus membantu anggotanya untuk mendapatkan KTP, menelusuri mengapa mereka bisa berangkat dari daerahnya (NTT) tanpa identitas. Mangku Pastika berjanji akan membahas soal ini dengan Julie Laiskodat, anggota DPR RI asal NTT, dan anggota DPD RI asal NTT.

Menanggapi hal itu, istri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat itu berjanji akan memfasilitasi warga NTT di Bali agar mendapatkan KTP NTT.

“Kita jemput bola. Mohon saya diberikan data per kabupaten terutama yang warganya belum ber-KTP agar kami memfasilitasi mendapat KTP NTT di Bali,” kata Julie Sutrisno Laiskodat secara virtual dari Jakarta.

Jemput bola soal pengurusan KTP dikatakan Juli Laiskodat yang didaulat sebagai _Bunda Flobamora Bali_ tersebut dikoordinasikan bersama Pemerintah Daerah asal warga. Dimana Pemerintah Provinsi NTT nantinya setelah dapat data warga NTT di Bali yang belum ber-KTP akan dikoordinasikan dengan Pemda asal yang bersangkutan. Kemudian petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Pemda tersebut akan datang ke Bali membuatkan KTP warganya. “Ini akan memudahkan warga tersebut dalam mendapatkan E-KTP. Sekaligus bentuk perhatian Pemda asal warga tersebut demi menghindari biaya yang tidak perlu dikeluarkan apabila harus pulang balik ke daerahnya hanya untuk mengurus KTP,” papar Juli Laiskodat.

Meski demikian, Julie Laiskodat yang saat ini selaku Ketua Wilayah Nasdem Provinsi Bali menegaskan masih mempunyai kekhawatiran mengenai hak warga NTT di Bali sekalipun sudah memiliki KTP NTT, seperti dikeluhkan Paskalis dan Faris Wangge.

“Walaupun kita sudah E-KTP tetapi sepertinya tidak diakui di mana kita tinggal. Obsesi saya adalah seperti di Amerika, hak warganya diakui, sehingga saat pandemic kemarin tidak mendapat bantuan, ini mungkin akan kami bicarakan dengan teman-teman di DPR RI dan Bapa Tua Pak Mangku dan teman-temannya di DPD RI,” sebut Julie.

Pernyataan Mangku Pastika dan Julie Laiskodat itu menjawab keluhan Paskalis Boli Sabon, Ketua Paguyuban Flobamora Kabupaten Tabanan, mengenai kesulitan warga Flobamora Bali mendapatkan bantuan sosial selama masa pandemi Covid-19, hanya karena tidak memiliki KTP Bali. Hal yang sama juga dikeluhkan Faris Wangge, Ketua Wua Mesu Ende Lio Bali.

Sebelumnya Ketua IKB Flobamora Bali, Yosep Yulius Diaz biasa disapa Yusdi Diaz dalam sambutannya memaparkan perjalanan 36 tahun organisasi yang dipimpinnya bersama Sekretaris Umum Fredrik Billy. Disebutkan, nama Flobamora Bali diresmikan tahun 1985 di rumah Bapak Geroge Pilirobo, di Jalan Natuna Denpasar pada 15 September 1985, dengan merubah nama Flobamor (singkatan dari Flores, Sumba dan Timor) menjadi dengan mengakomodir Alor sehingga menjadi Flobamora (Flores, Sumba, Timor dan Alor).

“Organisasi ini bisa kita banggakan lah. Kita ini orang-orang biasa tetapi karena kita guyub dan bersatu makanya kita kuat. Berkat bersinergi kita bisa berdaya ubah,” kata Yusdi Diaz.

Mengenai jumlah anggota, sebenarnya Flobamora Bali hanya beranggotakan 26 anggota yakni 22 paguyuban dan empat organisasi komunitas, yakni Komunitas Sang Dewi, mahasiswa, Bahu HAM dan Komunitas Jurnalis Flobamora (KJF). Tetapi berdasarkan system informasi keanggotaan dari laman Flobamora Bali, data per hari ini terdapat 11.644 anggota. Permasalahannya adalah soal administrasi kependudukan, yang ber-KTP Bali sekitar 4.000-an. Sekitar 5.000 lebih anggota ber-KTP NTT, tetapi sisanya tidak ber-KTP.

“Flobamora Bali dalam perjalanannya penuh dinamika. Semangatnya adalah merajut persaudaraan, menenun kebersamaan. Jadi Kita bersama lah, untuk semua yang berkehendak baik, ya kita sama-sama. Karena semua itu diatur dalam AD-ART. Bahwa dalam perjalanannya ada yang beda frekwensi, beda DNA dengan kami, ya wajar saja. Di dunia ini tidak ketemu, di dunia lain juga akan dipisahkan dengan sendirinya, jadi kalau mau merajut (kebersamaan), kita bersama lah,” kata Yusdi Diaz.

Sementara itu, salah satu pengurus DPW NASDEM BALI, yang juga Ketua Dewan Penasehat IKB Flobamora Bali, Kk Dr. Agus Dei menyampaikan trima kasih kepada Bunda Julie yang telah meluangkan waktu dan memberikan wejangan rindu dengan anak2 nya di Bali. “Selama ini belum ada jembatan yajg pas untuk membangun komunikasi yang tepat. Namun, hari ini saat HUT ke-36 jembatan emas komunitas antara anak dan orang tua sudah terwujud, ”tutur Agus Dei.

Agus Dei juga berharap apa yang dikemukakan Bunda Flobamora ini menjadi perhatian bagi setiap Pemda di NTT yang warganya merantau bukan saja di Bali tapi daerah lain pula. Sehingga masalah Keberadaan warga NTT perantauan terhindar dari masalah klasik ini.

“Kita berharap apa yang disampaikan kakak Juli (sebutan akrab bagi anggota partai Nasdem, red) dapat dilaksanakan oleh Pemda asal warga perantauan tidak saja warga Flobamora Bali tapi juga di daerah lainnya,” harap Agus Dei Segu.

Perayaan HUT ke-36 Flobamora secara virtual ini juga diikuti oleh Ketua Flobamora Sydney (Australia), Ketua Flobamora Papua dan daerah lain di Indonesia. (BFT/DPS/rls)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*