Tuai Banyak Pujian, Pidato Presiden RI Joko Widodo di Sidang Majelis PBB

Beritafajartimur.com (Bogor-JABAR) | Presiden RI Joko Widodo lagi-lagi bikin bangga Indonesia! Betapa tidak! Dalam pidato yang disampaikan Jokowi (sapaan akrab dan populernya, red) yang disampaikan secara live dari istana Bogor di Sidang Majelis Perserikatan Bangsa-bangsa, Ia mengemukakan 4 pesan utama kepada dunia terkait sejumlah isu tentang penanganan Covid-19 hingga masalah kebangkitan perekonomian pasca wabah pandemi ini. Hal ini menjadi alasan Joe Biden menunjuk Jokowi jadi Pembicara Inti Global Covid-19 Summit di PBB.

Presiden Joko Widodo disebut dipilih secara pribadi oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, untuk hadiri Global Covid-19 Summit di tengah-tengah pertemuan PBB, Rabu (22/9) malam.

“Jokowi menjadi salah satu dari empat pimpinan dunia yang dipilih secara pribadi oleh presiden Amerika Joe Biden untuk memberikan masukan bagaimana kita bisa segera mengatasi pandemi Covid-19 ini,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangannya, dikutip Kamis (23/9).

Presiden Jokowi tampil memukau saat menyampaikan 4 pesan utama dalam sidang Majelis Umum PBB terkait sejumlah isu seperti pandemi Covid-19 hingga perekonomian.

Inilah 4 point yang disampaikan Presiden Jokowi dalam sidang umum PBB tersebut:

1. Agar seluruh negara untuk menata ulang arsitektur sistem ketahanan kesehatan global. Menurutnya, diperlukan mekanisme baru untuk penggalangan sumber daya kesehatan global, baik pendanaan, vaksin, obat-obatan, alat-alat kesehatan, dan tenaga kesehatan secara cepat dan merata ke seluruh negara.

2. Pemulihan perekonomian global hanya bisa berlangsung jika pandemi terkendali, dan antarnegara bisa bekerja sama dan saling membantu untuk pemulihan ekonomi. Indonesia dan negara berkembang lainnya, membuka pintu seluas-luasnya untuk investasi yang berkualitas.

3. Komitmen Indonesia terhadap ketahanan iklim, pembangunan yang rendah karbon, serta teknologi hijau sudah jelas dan tegas. Tetapi, proses transformasi energi dan teknologi tersebut harus memfasilitasi negara berkembang untuk ikut dalam pengembangan industri dan menjadi produsen teknologi.

4. Agar dunia tetap serius melawan intoleransi, konflik, terorisme dan perang. Menurut Presiden Jokowi, perdamaian dalam keberagaman, jaminan hak perempuan dan kelompok minoritas harus ditegakkan.

Lebih jauh, Presiden Jokowi juga menyebut bahwa potensi praktik kekerasan dan marjinalisasi perempuan di Afganistan, kemerdekaan Palestina yang semakin jauh dari harapan, serta krisis politik di Myanmar, harus menjadi agenda semua negara. Pemimpin ASEAN telah bertemu di Jakarta dan menghasilkan Five Poins Consensus, yang implementasinya membutuhkan komitmen militer Myanmar.

Sumber:
https://m.industry.co.id/read/93788/pidato-jokowi-di-sidang-majelis-pbb-banjir-pujian-publik-luar-biasa-layak-jadi-sekjen-pbb

Dari laman Alexander Sakura

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*