Dugaan Masalah Pribadi, WBP Lakukan Percobaan Bunuh Diri di Lapas Singaraja

Beritafajartimur.com (Singaraja-Buleleng) | Suasana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja mendadak heboh, bukan karena bentrok sesama Warga Binaan atau ada peristiwa alam, melainkan karena ulah seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang kedapatan melakukan upaya mengakhiri hidupnya dengan cara meminum cairan detergen. Komandan Jaga pada saat kejadian mengatakan kejadian diperkirakan pada pukul 21.00 WITA.

“Mendapati rekannya melalukan percobaan bunuh diri, WBP lainnya sontak segera membunyikan alarm yang tersambung langsung ke Pos Komandan Jaga,” jelas Kepala Pemasyarakatan (Lapas) IIB Singaraja, Zaini Mut, Sabtu (20/11/2021).

Bersama Petugas Blok, Perwira Piket dan Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja, Mut Zaini yang pada saat kejadian sedang melalukan kontrol ke dalam blok segera
mengambil langkah cepat dengan menghubungi petugas kesehatan yang kemudian diarahkan langsung menuju ke Rumah Sakit yang sebelumnya sudah mendapatkan izin langsung dari Kalapas.

“Setibanya di Rumah Sakit, WBP tersebut langsung mendapatkan penanganan lebih lanjut didampingi petugas kesehatan, petugas jaga, dan Perwira Piket,” ujar Zaini Mut.

Lebih lanjut Kalapas Singaraja menyampaikan bahwa WBP tersebut tidak pernah memiliki masalah ataupun pelanggaran di dalam Lapas, dugaan sementara WBP meminum cairan detergen tersebut dikarenakan adanya masalah pribadi yang tidak ada kaitannya dengan Lapas.

“Langkah cepat sudah kami ambil dengan langsung membawa Warga Binaan tersebut ke Rumah Sakit guna mendapati perawatan lebih lanjut, Kami harap kejadian ini tidak terulang kembali,” tegas Zaini.

Sementara itu, adanya kejadian tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk mengatakan bahwa saat ini pihak Lapas Kelas IIB Singaraja masih mendalami penyebab dari upaya bunuh diri yang dilakukan oleh seorang WBP tersebut. Beliau juga menyampaikan apresiasi atas kesigapan dari Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja beserta jajarannya dalam penanganan upaya bunuh diri yang dilakukan salah seorang WBP Lapas Kelas IIB Singaraja sehingga yang bersangkutan bisa diselamatkan.(BFT/SGR/Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*