Hari Raya Kuningan, Umat Hindu Melaksanakan Persembahyangan

Beritafajartimur.com (Karangasem-BALI) | Hari Raya Kuningan bagi umat Umat Hindu di Bali adalah hari suci yang merupakan rentetan dari hari raya Galungan. Pelaksanaannya 10 hari setelah Hari raya Galungan.

Dan hari raya Kuningan yang jatuh pada Sabtu tanggal 20 Nopember 2021 (Saniscara Kliwon Wuku Kuningan) dimaknai sebagai hari instrospeksi diri sekaligus memberikan persembahan kepada para Leluhur yang telah membantu umat manusia dalam menjalankan kehidupan berdasarkan Darma.

Pada hari raya ini umat Hindu khususnya di Bali merayakan dengan penuh hikmad, dalam jeda waktu setengah hari, melaksanakan persembahyangan baik dirumah (Merajan) pura Paibon, Kawitan Kahyangan Tiga dan Pura Khayangan jagat.

Seorang pemedek yang tidak mau namanya disebutkan saat ditemui mengatakan,” Kegiatan persembahyangan umat Hindu setiap hari raya Kuningan sudah biasa menjadi tradisi umat Hindu sedarma melaksanakan persembahyangan di Mrajan, dan Pura Khayangan Tiga dan Khyayangan Jagat yang ada di wewidangannya. Kita berdoa memohon keselamatan dan kerahayuan jagat, namun waktunya hanya setengah hari. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Karena itu, mari kita doakan bersama semoga pandemi ini cepat berlalu, dan PPKM level-2 segera turun menuju zona hijau,” harapnya.(BFT/KAR/Sut)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*