Ketua DPRD Gianyar Terima Audiensi BMPS, Tagel Winartha: Harus ada Keseimbangan antara Sekolah Negeri dan Swasta

Beritafajartimur.com (Gianyar-BALI) | Ketua DPRD Kabupaten Gianyar Drs. I Wayan Tagel Winartha, M.A.P., menerima audiensi Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) yang dipimpin I Gede Ngurah Ambara. Audiensi ini berlangsung di Eco Park & Education “Pade Wareg,” atau Warung Pade Wareg, yang beralamat di Jalan terletak di Jalan Soekarno, Banjar Manca warna, Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar pada Senin, 22 November 2021.

Kehadiran Ketua BMPS Provinsi Bali I Gede Ngurah Ambara bersama jajarannya pada pukul 10.00 Wita disambut ramah oleh Ketua DPRD Gianyar I Wayan Tagel Winartha di Warung Pade Wareg yang memiliki fasilitas ecoturism dan edukasi dan berbagai wahana untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Adapun audiensi BMPS bersama Ketua DPRD Gianyar, selain bertujuan memperkenalkan diri para pengurusnya juga mohon dukungan pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dewan Gianyar untuk Inisiasi pembentukan BMPS Kabupaten Gianyar yang nantinya akan dikukuhkan kepengurusannya dalam waktu dekat. Ini menjadi harapan dalam rangka penguatan organisasi yang nantinya dapat melaksanakan kinerja dan pengabdiannya dalam rangka ikut memajukan pendidikan nasional serta dalam upaya turut mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya di Bali, khususnya di Kabupaten Gianyar sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.

“Peran strategis BMPS Gianyar kelak dapat memikul tanggung jawab moral dalam menampung aspirasi perguruan swasta agar mencapai tujuannya dalam menggapai pendidikan swasta yang berkualitas, berintegritas dan memiliki daya saing,” kata Gede Ngurah Ambara Putra, Ketua BMPS Bali.

Menurutnya, pihaknya ingin sinergitas aspirasinya nanti dapat memberikan warna untuk berkolaborasi saling-asah dan saling-asuh guna menjunjung kesetaraan antara sekolah swasta dengan negeri.

“Sehingga kedepan antara sekolah negeri dan swasta bisa berjalan seiring sejalan,” kata Ngurah Ambara.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, Drs. Wayan Tagel Winarta, M.A.P., yang juga seorang pemerhati pendidikan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BMPS Bali yang telah merangkul kerjasamanya dan menginisiasi terbentuknya kepengurusan BMPS Gianyar sehingga memiliki peran dan posisi yang strategis dalam mengembangkan serta memajukan pendidikan di Bali khususnya di Kabupaten Gianyar. Dimana I Wayan Suka terpilih sebagai Ketua BMPS Gianyar periode 2022-2026 mendatang.

“Selanjutnya, kami akan menyamakan visi dan misi serta melaksanakan penguatan dan konsolidasi kepengurusan yang diharapkan bekerja secara terukur, aspiratif dan berintegritas.

Wayan Tagel Winartha juga menyambut baik hal yang mengemuka saat audiensi berupa usulan dan keluhan BMPS khususnya kondisi kekurangan siswa yang dialami setiap tahun pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB). Dimana pemerintah dinilai sebagai biang keroknya munculnya kondisi ini karena adanya pembukaan/penambahan pembangunan gedung sekolah negeri baru. Selain itu adanya penambahan ruang kelas dan menggendutkan rombongan belajar di sekolah-sekolah negeri yang dinilai over capacity dan melebihi dari ketentuan sebenarnya.

“Ya kita ingin kedepan, pemerintah tidak lagi membuat dikotomi seperti itu tapi diatur agar adanya keseimbangan antara sekolah negeri dengan swasta. Karena kita butuhkan sekolah swasta juga untuk menampung anak-anak kita yang tidak bisa ditampung di sekolah negeri. Tentu kita dorong sekolah swasta untuk terus meningkatkan diri dari segi SDM (sumber daya manusia, red) tenaga pendidikan. Demikian juga kualitas sekolahnya supaya setara dengan pendidikan di negeri. Kita harapkan pemberdayaan ini bisa dilakukan BMPS yang kini sudah terbentuk di Kabupaten Gianyar. Para pengurusnya kiranya bersinergi dengan sesama komponen pendidikan. Begitu juga dengan pemerintah setempat,” pungkas Wayan Tagel Winartha. (BFT/GIA/Donny Parera/hd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*