Drs. Ketut Suarya, M.Pd: Peran Guru Sangat Dibutuhkan untuk Mendidik Budi Pekerti

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI) | Memperingati hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ke-76, dan Hari Guru Nasional ke-27 tahun 2021, yang jatuh pada hari Kamis, (25/11/21), Ketua PGRI Kota Denpasar, Drs. I Ketut Suarya, M.Pd., mengajak para guru agar tetap semangat meskipun berjalan dalam suasana dunia sedang dilanda Covid-19, dan berharap kepada guru agar mampu menjadi agen pembaharuan.

Untuk menjadi agen pembaharuan dalam dunia pendidikan, guru harus giat belajar, mengingat tantangan guru kedepan adalah adanya transformasi teknologi (IT). Maka diharuskan guru harus siap-sedia. Hal ini dikatakan l Ketut Suarya disela-sela acara syukuran HUT PGRI ke-76 dan HGN ke-27 yang berlangsung di Aula ISI Denpasar pada, Kamis (25/11/202).

“Yang jelas guru kita tidak boleh menyerah karena Covid-19, artinya guru harus bisa improvisasi menjadi agen pembaharuan. Guru harus belajar-belajar dan belajar untuk mengisi diri, sebagai seorang agen pembaharuan. Tantangan kedepan guru itu sudah tentu adalah terkait dengan transformasi IT,” ujarnya

Dikatakan, Pemerintah berencana melakukan transformasi teknologi pada tahun yang akan datang, namun hanya karena Covid-19, maka rencana itu pun dipercepat. Selama melakukan pendidikan melalui daring dan luring, sejauh ini guru sudah menjalankan sesuai aturan.

“Kalau pemerintah kan merencanakan transformasi teknologi itu tahun 2022. Tapi hanya karena Covid-19, akhirnya maju lagi setahun kan. Buktinya pembelajaran secara daring dan luring kan sudah berjalan sesuai aturan,” katanya.

Lanjutnya, guru adalah inspirator maka guru diharapkan harus mampu menanamkan sikap kepada siswa atau karakter _budi pekerti_. Maka diwajibkan guru harus mampu memberikan contoh sikap yang baik terhadap siswa.

“Guru adalah inspirator. Guru sebagai inspirator itu tidak bisa digantikan oleh teknologi secanggih apa pun, karena guru sebagai inspirator memberikan inspirasi kepada siswa untuk bisa menanam sikap membangun karakter _budi pekerti_. Jadi, yang bisa membangun karakter sampai saat ini adalah guru,” katanya.

Peran guru sangat sentral dalam hal membangun karakter siswa, maka diharapkan kepada guru untuk mampu memberikan yang terbaik buat siswanya.

“Itu peran guru, sangat sentral sekali,” imbuh Suarya.

Berkaitan dengan Kesejahteraan guru di Kota Denpasar, dia mengatakan bagi yang masih berstatus honorer untuk lebih meningkatkan diri biar pemerintah bisa memperhatikan statusnya. Kalau swasta, PGRI mendorong yayasan agar memperhatikan nasib guru.

“Kalau guru negeri yang sudah dapat sertifikat sejauh ini sudah. Teman-teman yang masih honorer ya tolong untuk tingkatkan diri biar bisa diperhatikan oleh pemerintah. Kalau swasta ya kita mendorong memberikan kesejahteraan kepada guru ya, itu harapan kita dari PGRI,” tutupnya.(BFT/DPS/Dion/Editor: Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*