PT. Pelni Cabang Denpasar Ingatkan Calon Penumpang, Lengkapi Dokumen Perjalanan Sesuai Prokes

Beritafajartimur.com (Kuta-BADUNG) | Upaya untuk mengatasi penularan Covid 19 menjelang libur Natal dan Tahun baru PT. Pelni Cabang Denpasar, Bali perketat pelayanan.

Dikatakan, bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan ke daerah asal mereka, diwajibkan untuk memiliki surat vaksin Covid-19 dan aplikasi PeduliLindungi.

Angga selaku staf Komersial PT. Pelni Cabang Denpasar, Bali, seijin Kepala Cabang PT Pelni IBA Kencana Putra, pada Jumat (3/12/21), mengatakan ini dilakukan berdasarkan arahan dari pemerintah, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya cluster angkutan laut.

“Sejauh ini si di pelabuhan Benoa, Bali, kita sudah ikuti aturan dari pusat melalui surat Satgas Covid-19, yang terbaru,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk tipe kapal yang operasi saat ini ada 4 tipe kapal, diantaranya KM. Tilongkabila, KM. Binaya, KM. Luser, dan KM. Awu. Dari segi protokol kesehatan 4 jenis kapal ini sudah memenuhi standar regulasi sesuai pedoman Satgas Covid-19 yang terbaru.

“Untuk kapal Pelni yang beroperasi, kita ada 4 tipe kapal, diantaranya ada KM. Tilongkabila, KM. Binaya, KM Awu, dan KM. Luser, secara operasi semuanya sudah memenuhi standar protokol kesehatan,” jelasnya.

Dikatakan, calon penumpang yang membeli tiket diwajibkan memiliki sertifikat vaksin sesuai nomor KTP calon penumpang. Sementara, jika ada calon penumpang yang belum divaksin dipastikan tidak akan bisa dapat tiket, kecuali orang tersebut ada alasan tertentu dan ada bukti keterangan dari dokter baru kita layani.

“Kita akan lihat dulu, alasan belum vaksin kenapa. Kalau memang ada alasan tertentu harus ada bukti surat dari dokter itu kita akan tetap terima, kalau tidak ada bukti mohon maaf saja kita tidak terima,” ungkapnya.

Empat jenis kapal yang kita layani dalam kondisi normal bisa mengangkut sebanyak 1000 penumpang, tapi sekarang hanya melayani 500 penumpang saja selama pandemi Covid 19. Jadi, ada pengurangan penumpang dari layanan sebelum pandemi Covid 19.

“4 jenis kapal yang kita layani berkapasitas 1000 penumpang, tapi untuk saat ini kita hanya melayani separuhnya. Artinya, ketika tiket sudah terjual sampai 500 maka kita stop. Sementara saat pelayaran di dalam kapal juga sudah diatur sesuai Prokes Covid-19. Seperti jaga jarak, dimana bed diatur sedemikian rupa diantaranya ada sekat antara penumpang. Demikian pula saat mengambil makanan kita juga atur jaraknya,” jelasnya.

Diungkapkan, selama pelayanan di tengah pandemi Covid-19, PT. Pelni Cabang Denpasar, Bali sejauh ini calon penumpang tidak ada yang terkena Covid-19, karena sudah melakukan mitigasi lebih awal sejak adanya pandemi ini.

“Sejauh ini penumpang kapal yang dari pelabuhan Benoa, Bali tidak ada yang terkena Covid-19, karena kita sudah melakukan mitigasi lebih awal sejak adanya pandemi Covid-19,” katanya.

Lanjutnya, untuk jadwal kapal saat mulai longgarnya PPKM, PT. Pelni tetap beroperasi sesuai standar. Dimana selama sebulan penuh ada 13 kali armada yang masuk di pelabuhan Benoa, Bali. Semuanya sudah memenuhi standar protokol kesehatan yang ketat.

“Saat ini operasi kapal sudah kembali normal, ada 13 armada kita operasikan dan sudah memenuhi standar protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Pihaknya pun berharap kepada calon penumpang armada PT. Pelni untuk membawa dokumen lengkap sebelum melakukan perjalanan, biar tidak bingung pada saat membeli tiket.(Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*