Badan Intelijen Negara Daerah NTT Beri Vaksinasi Warga Desa Nggorang

Beritafajartimur.com (Labuan Bajo-Mabar) | Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar vaksin Covid-19 di Pasar Nggorang, Desa Nggorang, Kabupaten Manggarai Barat pada Senin (6/12/2021) pagi.

Bekerja sama dengan petugas medis Rumah Sakit Daerah Komodo, Labuan Bajo, vaksinasi ini diperuntukkan kepada 500 warga desa Nggorang. Adapun vaksin yang digunakan yakni berjenis AstraZeneca.

Pantauan media beritafajartimur.com, meskipun Labuan Bajo dalam kondisi hujan berpotensi sedang, namun kegiatan itu berlangsung sukses dari awal hingga selesai.

Kepala Desa Nggorang, Abubakar Sidik, kepada sejumlah awak media mengatakan apresiasi terhadap Badan Intelijen Negara Daerah Provinsi NTT yang telah memilih desanya untuk dijadikan salah satu tempat pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Kami sebagai pemerintah desa dengan hadirnya Badan Intelijen Negara di desa Nggorang mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan inisiatif dari lembaga ini (BIN) dalam mendukung percepatan vaksinasi covid-19,” terangnya.

Dirinya mengaku bangga karena Badan Intelijen Negara turut dan mendukung dalam menangani percepatan penanganan Covid-19 di desanya melalui kegiatan vaksinasi.

“Terus terang, selama ini saya tidak tahu bahwa, Badan Intelijen Negara juga mengakomodir dan mengambil bagian dalam kegiatan Vaksinasi di Manggarai Barat, khusunya di desa saya ini (Nggorang),” tandasnya.

Sebagai pemerintah desa dan mewakili Masyarakat Nggorang, dirinya menyampaikan terima kasih atas keterlibatan masyarakat untuk menerima vaksin Covid-19 baik dosis pertama maupun dosis dua.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih untuk masyarakat yang sudah melakukan Vaksin dosis satu maupun dosis dua. Akan tetapi, kita tetap menjaga kesehatan meski sudah menerima vaksin,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kabupaten Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Paskalina Kusumawati mengaku bersyukur dan antusias terhadap masyarakat Nggorang dan sekitarnya. Ia menilai, keterlibatan masyarakat Nggorang atas kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh BIN menunjukkan salah satu bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam percepatan penanganan vaksinasi Covid-19.

“Kami selaku pemerintah Manggarai Barat, dalam hal ini Dinas Kesehatan Manggarai Barat, sangat bersyukur karena banyak pihak yang mambantu percepatan penanganan vaksinasi Covid-19, termasuk dari BIN juga yang hari ini mulai dilaksanakan,” katanya.

Sampai dengan saat ini, kata Paskalina, pencapaian vaksinasi untuk seluruh masyarakat Manggari Barat sudah mencapai 76, 9 persen. Namun, kata Paskalina, vaksinasi kategori sasaran remaja di Manggarai Barat masih rendah karena vaksinnya belum tersedia. Akan tetapi, pemerintah telah berupaya untuk mendatangkan vaksin melalui advokasi advokasi.

“Kita berharap minggu depan, kita selenggarakan pekan imunisasi bagi remaja yang berusia 12-17  tahun di seluruh kabupaten Manggarai Barat,” beber Paskalina.

Saat ditanya media ini terkait target Bupati Manggarai Barat untuk buka masker di akhir tahun 2021 ini, Paskalina justru sangat apresiasi dengan optimisme dari orang nomor satu di bumi Komodo itu. Menurutnya, Optimisme dari orang nomor satu itu, merupakan motivasi bagi dirinya maupun untuk Dinas kesehatan Manggarai Barat.
“Kita ini kan instansi pelaksana,  jadi tentu itu merupakan motivasi bagi kami di Dinas Kesehatan untuk percepatan vaksinasi ini, kemudian terkait dengan penanganan Covid-19 di Manggarai Barat” tutupnya.

Untuk diketahui, Binda NTT saat ini tengah melakukan vaksin Covid-19. Rencananya di Kabupaten Manggarai Barat akan dilaksanakan vaksinasi covid -19 untuk kategori umum dan pelajar dalam rangka menyukseskan program pemerintah.(BFT/LBJ/Yoflan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*