AA. Ngurah Gede Widiada: Spirit Tri Hita Karana Jaga Keberagaman Bali

Beritafajartimur.com (Badung-BALI) | Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) hari ini, Senin 13 Desember 2021 melaksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakorwil) yang dihadiri Dewan Pimpinan Daerah dari seluruh Bali. Rakorwil ini berlangsung di Discovery Kartika Plaza Hotel, dan dihadiri 3 orang utusan dari DPP Nasdem Pusat di Jakarta, diantaranya termasuk Ketua DPW Nasdem Provinsi Bali, Julie Sutrisno Laiskodat.

Rakorwil yang diselenggarakan dari 13 s.d. 14 Desember 2021 digunakan kader Nasdem untuk konsolidasi partai sekaligus menetapkan langkah-langkah partai menghadapi pesta demokrasi 2024. Di samping target perolehan kursi pencalonan legislatif mulai dari perebutan kursi DPRD II, DPRD I dan DPR RI. “Rakorwil ini selain konsolidasi partai, kita gunakan untuk menetapkan target Nasdem di Pemilu legislatif 2024,” jelas AA. Ngurah Gede Widiada, selaku Wakabid Pemilihan Umum DPW Nasdem Provinsi Bali.

Menurut Gung Widiada, sapaan akrabnya,” menghadapi Pemilu legislatif, Nasdem merekrut kader berpengalaman dan kader muda/kaum Milenial. Kombinasi kader berpengalaman bersama kader Milenial merupakan kekuatan besar di masa depan bagi Nasdem,” paparnya.

Sementara terkait peran serta Nasdem dalam kebangkitan Bali pasca keterpurukan akibat pandemi Covid19 selama dua tahun terakhir, dalam kesempatan ini, AA. Ngurah Gede Widiada mengatakan,” secara penuh partai restorasi ini mendukung _Bali Bangkit_ yang selaras dengan konsep _Tri Hita Karana_. Sebab dalam konsep Tri Hita Karana tersebut segala daya upaya menuju Bali Bangkit dapat terwujud karena adanya keselarasan/timbal balik hubungan antara Manusia dengan Sang Pencipta, Manusia dengan Sesama dan Manusia dengan Alam Semesta. “Saya bercermin dari pidato pembukaan kakak Lestari dari DPP Nasdem bahwa Nasdem sangat menghargai keberagaman. Sebagai wujud dan sebagai bentuk spirit untuk kita bangkit kembali membangun Bali. Dan beliau bercermin dari konsep _Tri Hita Karana_ yang sangat menarik sehingga konsep ini dapat merangkul semua menjadi satu saudara dalam keberagaman. Selama ini kakak Lestari ini yang pernah menjadi Bupati telah mempelajari secara khusus tentang konsep Tri Hita Karana sehingga konsep ini cocok untuk _go nasional_,” jelas AA. Ngr Gede Widiada, optimis.

Dikatakan, kader Nasdem mendukung sepenuhnya program pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Bali untuk terlaksananya program Bali Bangkit yang diselaraskan dengan konsep Tri Hita Karana. Keselarasan ketiga hubungan timbal balik ini tidak boleh pincang. Apabila pincang maka program Bali Bangkit tidak akan terwujud. Itu harus selaras semuanya,” papar AA. Ngurah Gede Widiada disela-sela pembukaan Rakorwil.

Sementara, IB Oka Gunastawa, mantan Ketua DPW Nasdem Provinsi Bali berpendapat, program Bali Bangkit khususnya di bidang pariwisata hendaknya didukung oleh sektor lainnya seperti peternakan, industri berskala UMKM, dan pertanian. “Sektor pariwisata harus mendapat dukungan sektor lainnya. Ini harus bersinergi. Selama ini kita fokus ke pariwisata sehingga sektor pertanian kurang mendapat perhatian serius. Jadi kedepan kita harus menggarap sektor pendukung pariwisata tersebut,” harapnya. (Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*