KAT Kelompok 19 UNR, Tingkatkan Produktivitas dan Kreativitas Masyarakat di Tukad Bindu

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI) | Kuliah Aplikasi Terpadu (KAT) Universitas Ngurah Rai (UNR) yang dilaksanakan oleh kelompok 19 mengambil lokasi kawasan Tukad Bindu yang di fokuskan di Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur.

Dimana kelompok 19 KAT UNR ini diikuti sebanyak 22 orang mahasiswa dengan didampingi 2 orang dosen pendamping yakni dosen Made Ratna Witari, S.T., M.Ars., dan dosen Dr. Ir. Benyamin Tungga, S.H., M.H., M.M., M.Psi.

Menurut salah satu dosen pendamping Made Ratna Witari mengatakan bahwa KAT yang dilakukan oleh kelompok 19 juga diisi dengan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di areal Tukad Bindu.

KAT kelompok 19 dilaksanakan kurang lebih 2 bulan lamanya yakni dari tanggal 1 November hingga 29 Desember 2021.

“Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan KAT adalah untuk meningkatkan produktivitas masyarakat melalui pelestarian lingkungan dimasa pandemi covid-19,” terangnya, Sabtu (25/12).

Sembari nenyampaikan kalau kegiatan ini juga untuk ikut berperan serta dalam pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Taru Lestari Banjar Ujung.

“Setelah dilakukan pembinaan para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KAT kelompok 19 juga melakukan kegiatan penanaman pohon di area Tukad Bindu,” ucapnya.

Made Ratna Witari juga menjelaskan KAT kelompok 19 juga melaksanakan pelatihan dan lomba kreativitas membuat kerajinan dari kertas bekas.

“Bahkan KAT Kelompok 19 juga rutin melakukan kegiatan bersih-bersih di area wisata Tukad Bindu dengan dibantu langsung dari pihak Yayasan Tukad Bindu Ida Bagus Anom Parwata, KWT Taru Lestari dan para siswa Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari sekolah di sekitar Banjar Ujung,” jelasnya.

Yayasan Tukad Bindu Ida Bagus Anom Parwata dilokasi KAT kelompok 19 menambahkan dirinya sangat berterima kasih dengan sudah memilih lokasi Tukad Bindu sebagai pelaksanaan KAT yang diikuti dengan PKM.

Apalagi fokus utama dalam pelaksanaan KAT kelompok 19 yakni bisa ikut melakukan pemberdayaan kepada KWT Taru Lestari Banjar Ujung.

“Karena dengan pelaksanaan KAT kelompok 19 ini, warga kami disini jadi bisa banyak belajar tentang hidroponik, serta yang utama adalah bisa meningkatkan kembali produktivitas KWT Taru Lestariā€ tambahnya. SUS

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*