Tingkatkan SDM Menuju Sekolah Penggerak, SMA PGRI 2 Denpasar Gelar Workshop

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI) | Sejalan dengan perkembangan tuntutan dunia kerja yang tidak hanya membutuhkan SDM yang berorientasi untuk kebutuhan dunia industri. Namun yang dibutuhkan juga adalah SDM yang memiliki kompetensi unggul, dan memilik daya kemampuan berpikir kuat. Oleh Karenanya restrukturisasi pendidikan pun haruslah dilakukan seiring perkembangan zaman.

“Atas dasar itulah SMA PGRI 2 Denpasar mendorong peningkatan kualitas Guru melalui kegiatan Workshop dengan mengangkat Tema “Peningkatan Profesional Guru dengan Memahami Paradigma Kurikulum Paradigma Baru,” papar Kepala Sekolah SMA PGRI 2 Denpasar I Komang Saputra, S.Pd.,M.Pd, pada Jumat, 7 Januari 2022 di sekolah setempat.

Kegiatan workshop yang dilakukan di Aula SMA PGRI 2 Denpasar ini bagian dari upaya mendorong kualitas para Guru dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten.

“Jadi kita awali semester dua ini dengan workshop. Dengan harapan nanti teman-teman terimbas dari keinginan untuk meningkatkan kualitas SMA PGRI 2. Sehingga kita menghadirkan para narasumber dari pengawas yang membawakan kurikulum paradigma baru. Kita juga menghadirkan pembina, yang berfungsi sebagai sekolah penggerak,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan tema yang diambil dalam Kegiatan workshop ini adalah berupaya untuk mewujudkan Pendidikan Merdeka belajar. Berharap dengan adanya Kegiatan ini dapat berdampak pada kualitas Pendidikan di SMA PGRI 2 Denpasar.

“Kita menginginkan SMA PGRI 2 sebagai sekolah penggerak, dan selain itu tujuan lainnya adalah untuk mewujudkan merdeka belajar. Semoga dengan adanya kegiatan ini kepercayaan orang tua siswa terhadap SMA PGRI 2 ini terus meningkat,” katanya.

Prihal program sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik. Ia menuturkan, sejauh ini SMA PGRI 2 sudah sangat siap dengan kebijakan tersebut.

“Kedepannya kita menyiapkan diri. Karena pemerintah menerapkan sekolah penggerak setiap tahunya bertambah. Kita memang diizinkan sebagai sekolah penggerak, kita memang sudah siap dari awal, dan terlihat banyak yang membina di sini,” terangnya.

Oleh Karena itu ia mengatakan kegiatan workshop ini bagian dari pelayanan nyata dari SMA PGRI 2 Denpasar untuk mendukung kecerdasan bangsa, dan ingin membuktikan juga bahwa sekolah Swasta bisa berinovasi sebagaiman sekolah negeri.

“Kami berharap anak-anak bisa memiliki kualitas yang lebih baik, sebagaimana yang diharapkan oleh orang tua siswa. Ini adalah wujud pelayanan kami dan sebagai jawaban adalah sekolah swasta juga bisa berbuat sebagaimana sekolah negeri,” ungkapnya.

Sementara itu l Nyoman Haryantara selaku Ko-Kapten Komunikasi Belajar.id, Kabupaten Badung, mengatakan ini bagian dari perjalanan untuk meneruskan program Kemendikbud yang dimana pembelajaran itu berbasis Digitalisasi dengan dinamakan akun pembelajaran.

“Kita berbagi hal baik dalam pemanfaatan akun pembelajaran Kemendikbud ini yang diberikan kepada seluruh Guru, pegawai, dan siswa untuk mendukung masa pembelajaran dimasa pandemi ini,” tutupnya.

Acara Workshop ini dihadiri Kadisdikpora Provinsi Bali Drs. KN. Boy Jayawibawa, M.Si., dan beberapa narasumber berkompeten di bidangnya.(BFT/DPS/Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*