Hadirkan Konsep Tri Hita Karana, ITB STIKOM Bali Luncurkan Logo Baru untuk SMK TI Bali Global

Beritafajartimur.com (Denpasar-BALI) | ITB STIKOM Bali luncurkan logo baru untuk SMK TI Bali Global. Peluncuran logo baru SMK TI Bali Global ini sebagai bentuk menyesuaikan visi dan Misi di era digitalisasi. Diharapkan dengan adanya Logo baru ini ke depan bisa membawa harapan baru bagi sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Widya Dharma Santi Denpasar ini. Kegiatan re-branding ini berlangsung di Aula ITB STIKOM Bali pada Jumat, 21 Januari 2022

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, Prof. Dr. I Made Bandem, serta pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, dan hadir juga Kepala Sekolah SMK TI Bali Global seluruh Bali.

Prof. Dr. I Made Bandem, dalam sambutannya mengatakan, Logo merupakan sebuah inti hakekat atau tatanan filosofi, estetika dan makna atau arti sebuah lambang.

“Logo atau lambang/ikon sebuah deskripsi tentang lembaga seperti SMK TI Global Bali ini diambil dari kata Yunani kuno “Logos” yang diartikan sebagai akal berpikir ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Lanjutnya, Logo baru SMK TI Bali Global didominasi bentuk kurva. Jika di-breakdown, kata Prof. Bandem, kurva-kurva tersebut membentuk gambaran angsa, buku yang terbuka dan roda yang menjadi simbol teknologi.

“Logo baru SMK TI Bali Global didominasi bentuk kurva. Jika di breakdown kurva-kurva itu membentuk gambar angsa dan roda yang menjadi sambol,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memaparkan bahwa Rancangan logo baru SMK TI Bali Global mengambil konsep bentuk Cahaya, sebagai harapan sumber inspirasi, sumber inovasi dan semangat kehidupan.

Bentuk Segitiga-Konsep Tiga/Tri, meliputi Spirit (Bentuk api) Education (Bentuk buku), dan Global Technology (Bentuk globe dan roda gerigi).

Sementara, Bendera Merah Putih sebagai bentuk kurva objek merah sebagai stilasi dari bentuk bendera Republik Indonesia.

Kemudian Angsa-Dewi Saraswati bentuk kurva spiral sebagai stilasi dari bentuk angsa, yang merupakan kendaraan suci Dewi Saraswati (Dewi Pengetahuan).

Lalu Api sebagai simbol semangat; Air simbol ketenangan; dan Sayap simbol mengantarkan harapan civitasnya menuju tujuan tertinggi dalam pendidikan.

Kemudian Buku Terbuka merupakan stilasi dari bentuk buku, sumber pengetahuan, wawasan yang terbuka akan kemajuan dan dinamika dunia pendidikan.

Sementara Roda Gerigi atau Gear merupakan stilasi dari bentuk roda Gerigi atau Gear, simbol dinamika inovasi dalam bidang pendidikan yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi.

Bentuk segitiga-Konsep Tiga/Tri Merupakan Konsep Tri Hita Karana sebagai 3 penyebab kesejahteraan bersumber pada keharmonisan hubungan antara, manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam lingkungannya; dan manusia dengan sesamanya.

SMK TI BALI Global diharapkan mampu menumbuhkan nuansa keharmonisan tersebut, sehingga terciptanya proses pembelajaran berpusat pada peserta didik dan memaksimalkan potensinya, yang sesuai dengan konsep Tut Wuri Handayani.

Huruf B dan G merupakan bentuk kurva objek spiral sebagai stilasi dari bentuk huruf B dan G mewakili ‘Bali Global’.

Bola Dunia/Globe merupakan stilasi dari bentuk globe, harapannya civitas memiliki wawasan global dengan dukungan kecakapan digital yang tangguh.

Glory Red merupakan simbol energi, semangat, kekuatan dan cinta dalam membangun budaya pendidikan berkarakter.

Celtic Blue simbol stabilitas, kepercayaan, kecerdasan dan teknologi.

Amber Gold simbol kejayaan, kemakmuran, pengembangan nilai-nilai luhur pendidikan

Sementara itu, Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan mengatakan, sarjana komputer saat ini menjadi bidang yang banyak dibutuhkan di segala lini pekerjaan.

Dadang menyebut, dalam perkembangan teknologi saat ini, terjadi fenomena terbalik di dunia kerja. Sebelumnya, kebutuhan sarjana komputer di dunia kerja, tidak sejalan dengan kebutuhan posisi bidang pekerjaan.

“Tapi sekarang sarjana berbasis ilmu komputer mengisi semua lini pekerjaan, mulai perusahaan swasta hingga pemerintahan,” ungkap Dadang. (BFT/DPS/DH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*