SMA Negeri 5 Denpasar Gelar Acara Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2021/2022

BERITAFAJARTIMUR.COM – (Denpasar-BALI) | SMA Negeri 5 Denpasar menggelar acara Perpisahan dan pelepasan siswa Kelas XII SMA pada Jumat 13 Mei 2022. Acara ini merupakan agenda rutin sekolah yang dilaksanakan setiap tahun setelah semua proses pembelajaran Kelas XII selesai atau setelah ujian selesai dilaksanakan. Selain sebagai ajang silaturahmi antar siswa dengan warga sekolah, acara ini juga sebagai prosesi melepas siswa Kelas XII yang telah menyelesaikan masa belajarnya selama tiga tahun di jenjang Sekolah Menengah Atas.

“Mereka kembali ke tengah- tengah masyarakat sebagai pribadi yang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak dalam menentukan masa depannya, untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja. Bila mereka ingin bekerja sambil melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, tentunya mereka mempersiapkan diri untuk belajar lebih mandiri,” kata Kepala SMA Negeri 5 Denpasar, Dra. Cok Istri Mirah Kusuma Widiawati, M.Sos., di sela-sela acara pelepasan siswa pada Jumat, 13 Mei 2022 di lapangan belakang sekolah setempat.

Lanjut Dra. Cok Istri Mirah Kusuma Widiawati, M.Sos., menjelaskan perpisahan tahun ini merupakan salah satu program SMA Negeri 5 Denpasar, selain sebagai ajang silaturahmi dan menghidupkan rasa kebersamaan antar siswa yang sebentar lagi menjadi alumni dan juga sebagai refreshing setelah melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas selama ujian berlangsung.

Sehingga setiap siswa akan menjadikan perpisahan sekolah sebagai momentum mengucapkan terimakasih kepada guru yang telah mengajar dan mendidik mereka. Siswa juga perlu menyampaikan permintaan maaf kepada guru, atas segala kenakalan dan ketidakpatuhan selama menjadi siswa di sekolah, siswa minta restu agar ilmu yang sudah diperoleh menjadi bermanfaat dan menjadi bekal untuk kehidupan di masa depan.

“Tentunya kesan tak terlupakan saat mengikuti kegiatan bersama teman selain dengan guru, siswa juga akan berpisah dengan seluruh teman dalam satu angkatan. Keberadaan teman sangat penting selama bersekolah karena teman adalah orang yang paling dekat, banyak hal menyenangkan telah dilakukan bersama teman seperti berbagi cerita, bermain, termasuk belajar bersama. Acara ini akan menjadi kegiatan terakhir bersama teman-temannya sebelum berpisah untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,” kata Cok Istri Mirah Kusuma Widiawati.

Dalam kesempatan ini, Cok Istri Mirah Kusuma Widiawati menyampaikan pula bahwa ada ungkapan yang mengatakan bahwa sekolah rumah kedua bagi siswanya, guru otomatis juga menjadi orang tua kedua untuk siswanya, rutinitas setiap hari pergi ke sekolah, bertemu guru dan teman-temannya serta staf sekolah, sehingga setiap siswa pasti merasa bahwa sekolah adalah rumah sekaligus tempat belajar baginya.

“Pada acara perpisahan ini merupakan waktu yang tepat untuk mengembalikan siswa secara resmi kepada orang tuanya. Tentunya melalui pesan yang disampaikan merupakan dukungan moral sekaligus motivasi dari pihak sekolah sangat berarti bagi siswa dan orang tua siswa, sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” urai Cok Istri Mirah Kusuma Widiawati.

Pula, dalam acara pelepasan ini merupakan momentum yang sangat penting bagi segenap civitas untuk mengingatkan bahwa setiap perjumpaan pasti ada perpisahan, namun perpisahan akan selalu mengajarkan kita untuk menghargai bahwa setiap detik kebersamaan adalah anugerah yang tidak terhingga dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Acara pelepasan siswa kali ini diumumkan pula siswa yang lolos SNMPTN sebanyak 41 orang siswa, PMDP 4 orang siswa, Prestasi 3 orang siswa dan PMDK PN 2 orang siswa, jadi jumlah siswa 50 orang siswa yang diterima. (Donny Parera/Dewa Wisnu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*