Ipda I Wayan Kariawan Sosok Polisi Yang Multitalenta

BERITAFAJARTIMUR.COM | (Bangli-BALI) | Sosok Kanit Reg Ident Polres Bangli, Ipda. I Wayan Kariawan yang mempunyai hobi ngewayang lemah dan menari tupeng yadnya, yakni nupeng sidakarya merupakan sosok polisi yang multitalenta.

Ipda. I Wayan Kariawan ketika ditemui BeritaFajarTimur di ruang kerjanya mengatakan, dirinya di samping sebagai anggota Polri sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat juga setiap ada waktu selalu menyempatkan diri ngayah baik di pura maupun di rumah warya yang mempunyai hajatan yadnya menari tupeng sidakarya maupun ngewayang lemah.

Ipda. I Wayan Kariawan merupakan sosok humanis yang sangat ramah dan dekat dengan masyarakat ini, ternyata ia juga seorang pria yang multitalenta.

Polisi kelahiran Karangasem 20 Mei 1975 yang dikaruniai tiga orang putra dan putri ini tinggal di Banjar Temesi Gianyar, ternyata juga dikenal sebagai seorang dalang wayang dan penari tupeng sidakarya, yang sudah sering menari dan ngewayang dalam acara piodalan atau karya besar seperti odalan di pura dan merajan.

Suami dari Ni Luh Suartini, A.Md.Keb ini, selain sebagai anggota polisi, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dengan mengabdikan diri kepada negara mengaku sangat senang menjadi anggota kepolisian. “Prinsipnya dalam menjalankan tugas harus koordinasi, integrasi dan singkronisasi, biar seimbang kita harus menyatu,” kata Ipda. I Wayan Kariawan yang pernah menerima penghargaan Polisi teladan tahun 2019.

Ipda. I Wayan Kariawan yang sudah sejak lama kenal dan dekat dengan Wartawan BeritaFajarTimur ini, dalam melaksanakan tugas selalu koordinasi dengan anggota menurutnya, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam melaksanakan tugas, seorang polisi harus disiplin, taat dan patuh dengan aturan, selain itu juga harus bisa berpikir cepat dan tepat, tidak boleh berpikir lambat.

Mantan Kanit Gakkum Polres Gianyar ini menjelaskan, sebagai polisi dirinya juga masih melakukan aktivitas lain yakni menjadi seorang dalang wayang dan menari tupeng sidakarya yang sangat digemarinya sejak masih kecil.

Kanit Regident Sat Lantas Polres Bangli ini menjelaskan, pentingnya sistem identifikasi kendaraan untuk legalitas yang dibuktikan dengan BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) dan legitimasi pengoprasional kendaraan di jalan yang dibuktikan dengan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). “Kedua hal tersebut sangat penting jika terjadi kejadian kecelakaan lalulintas maupun kejahatan di jalan yang menyebabkan kerugian material, hal tersebut untuk melindungi dan menjamin keamanan masyarakat dalam kepemilikan kendaraannya dan keselamatan berlalulintas,” kata Ipda. I Wayan Kariawan.

Ipda. I Wayan Kariawan menyatakan, dalam memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat pihaknya selaku petugas Unit Regident Sat Lantas Polres Bangli selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi wajib pajak yang akan melaksanakan pengesahan STNK, baik kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, di Kantor Bersama Samsat Bangli.

“Sebagai petugas yang mengemban fungsi pelayanan publik anggota Regident Sat Lantas Polres Bangli selalu mengedepankan senyum, sapa dan salam untuk memberikan pelayanan yang humanis kepada wajib pajak yang membayar pajak di Kantor Bersama Samsat Bangli,” urai pria yang mempunyai hobi ngewayang dan menari tupeng sidakarya ini.

Ipda. I Wayan Kariawan mengatakan, seluruh personil Regident Sat Lantas Polres Bangli dalam melaksanakan tugas bersikap baik, humanis dan bertanggungjawab sehingga pelayanan prima kepada masyarakat terwujud, yakni pelayanan prima dengan mengedepankan senyum, sapa dan salam kepada semua loket – loket Samsat Bangli selalu dilakukan anggota Regident Sat Lantas Polres Bangli bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada wajib pajak, sehingga wajib pajak merasakan kenyamanan saat melakukan transaksi pajak.

“Dalam memberikan pelayanan yang memuaskan dan meminimalisir adanya protes atau komplain dari masyarakat, serta memberantas terjadinya pemalsuan identitas kendaraaan, sehingga kedepan Satuan Lalulintas Polres Bangli semakin profesional dan dipercaya masyarakat,” pungkas Ipda. I Wayan Kariawan. (Doni Parera/Aji Wisnu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*