Petani Nasdem Program Pajale Minta Traktor, Ini Kata Tjok Rosa

Ket. Foto: Wakabid Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa, Tjok Rosa bersama Ketua DPD Wayan Suryawan saat memberikan arahan di depan petani Nasdem.

BERITAFAJARTIMUR.COM (Gianyar-BALI) | Pengolahan lahan persawahan untuk program Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) memerlukan traktor sebagai alat bantu mempercepat proses tanam bagi petani! nasdem.
Hal ini mengemuka saat penyerahan satu mesin penggilingan jagung (Com Sheler), di DPC Nasdem Blahbatuh, Desa Keramas Gianyar, Senin (5/9) sore .

Tiga wakil petani Nasdem dari perwakilan tiga subak yakni I Wayan Nurita (subak Abang), Ida Bagus Ketut Arjana (subak Peling) dan I Wayan Gejir (subak Dayang) sepakat menyampaikan permohonan soal pengolah lahan persawahan alias traktor. “Kendala kami adalah traktor, karenanya kami mohon bantuan traktor,” ujar Wayan Nurita yang memiliki 20 hektar lahan persawahan yang dikelola 20 kepala keluarga.

Menurut Nurita, jika fasilitas pengolahan lahan sawah ini ada, sangat membantu petani dalam program Pajale. “Intinya kami bisa dibantu pengadaan traktor sehingga mempercepat proses tanam,” Ida bagus Arjana, yang memiliki lahan 33 hektar yang dikelola sekitar 28 kepala keluarga.

IB. Arjana menambahkan pola tanam padi saat ini yang tengah dirintis adalah jenis beras mentik susu yang proses tanam hingga panen hanya 120 orang. “Jika ada traktor kami semakin cepat kerjanya,” urainya.

Sementara itu, Wakabid Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa, Tjok Istri Ngurah Roosany mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan program Nasdem Bali yang diperuntukan petani Nasdem.

Menurut Tjok Rosa, panggilan akrabnya, sebelumnya, DPW memberikan bantuan power thresher di 4 Kabupaten/Kota lainnya Denpasar, Bangli, Klungkung sedangkan 5 kabupaten akan menyusul hingga akhir September. “Semua petani Nasdem akan dibagikan sesuai program,” tandasnya.

Soal permintaan traktor, pupuk organik dan pengerasan jalan pematang irigasi, Tjok yang didampingi dua anggota petani Nasdem Siti Amelia dan Yeni Merlany menandaskan sebagai bagian dari sayap partai petani Nasdem akan menyampaikan aspirasi dan usulan petani Nasdem Gianyar ini. “Kami tidak menjanjikan, tetapi kami akan sampaikan aspirasi ini kepada Ketua DPW Bali,” tambah Amelia.

Hadir dalam penyerahan bantuan kemarin, sejumlah pengurus DPD Nasdem dan DPC Blahbatuh yang dipimpin langsung Ketua DPD I Wayan Suryawan.

Mantan anggota DPRD Gianyar 2003-2009 ini mengaku, program ini tepat sasaran jika diserahkan pada yang benar-benar petani Nasdem. “Kami tidak akan merekomendasi bila tidak lewat jalur petani Nasdem. Sebab program ini sesuai dgn kebutuhan petani di akar rumput, “kata Suryawan seraya menjamin bahwa apa yang diberikan DPW akan sampai ke tangan petani Nasdem sesuai daftar list yang ada.

Dibagian lain, Suryawan menyatakan siap mengawal kalau ada kendala di lapangan berkaitan dengan proposal Pajale yang masuk ke Dinas Pertanian. “Para petani majukan proposal, ” DPD siap amankan,” ujar Suryawan.

Seluruh bantuan yang diteruskan DPW Nasdem adalah dari Dirjen Kementan RI.(BFT/GIA/Ags)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*