Disela Peran Sertanya Menjaga Keamanan Negara, Batalyon 516 Beri Pengobatan Gratis

BERITAFAJARTIMUR.COM (SURABAYA) | Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) Mekanis 16/WY Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto S. Sos.,M.I.Pol menghadiri Bhakti Sosial Khitanan Massal dan Pengobatan Gratis di Mako Yonif Mekanis 516/CY JL. Kesatrian No. 1 Sawunggaling Wonokromo Surabaya, pada Selasa (21/03/2023).

Kehadiran Danbrigif Mekanis 16/WY yang didampingi oleh Ibu Ratih Sigid Hengki (Ketua Persit KCK Cab LVIII Brigif Mekanis 16 PD V/Brawijaya) dalam rangka memperingati HUT Persit Kartika Chandra Kirana ke 77 bekerja sama dengan DNY Skincare kecantikan.

Keduanya langsung menyapa masyarakat yang hadir dalam pelaksanaan tersebut, orang tua dan anak-anak yang sedang mengantri serta membagikan bingkisan sembako secara simbolis.

Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto mengatakan kepada wartawan bahwa kegiatan khitanan massal dan pengobatan gratis ini tentunya sangat baik dan langsung dirasakan oleh masyarakat, terutama bagi orang tua yang tidak mampu mengkhitankan anaknya karena faktor ekonomi.

“Kegiatan khitanan massal atau sunatan massal merupakan bentuk perhatian pihaknya kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Khitanan massal atau sunatan massal dari pandangan Islam, menurut Sigid adalah merupakan bagian dari syariat Islam, yang diyakini dan wajib hukumnya bagi anak laki laki.

“Fungsi khitan itu sendiri adalah untuk mempermudah maupun mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.” Terang Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto.

Sedangkan dari sudut pandang medis seperti yang diungkapkan para ahli, khitanan atau sunatan mempunyai faedah yang sangat penting bagi kesehatan. Lebih lanjut Sigid, karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran.

“Virus bakteri dan lain-lain yang dapat membahayakan kesehatan. Fitrah itu ada lima perkara yakni khitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis” (H.R. Muslim 257). Serunya saat memberi sambutan dihadapan masyarakat.

Menanggapi kegiatan sosial yang positif ini, Ketua Umum Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT), Ade.S Maulana Tentara Nasional Indonesia (TNI) selalu ada untuk rakyat.

“TNI jelas memiliki peranan penting untuk menjaga kedaulatan dan keamanan negara Republik Indonesia serta memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat,” ujar Ade disela usai melakukan perbincangan dengan Letnan Kolonel Infanteri Alexander AB, S.E, Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 516 Caraka Yudha.

Meski TNI memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan negara, kata ade. TNI masih menyempatkan memberi perhatian kepada masyarakat berupa pengobatan dan khitan massal secara gratis.

“Kurang lebih 200 orang peserta mendapat perhatian dari TNI, mulai dari peserta pengobatan dan peserta anak-anak yang ikut dikhitan. Tidak hanya itu peserta juga dapat bingkisan berupa sembako untuk dibawah pulang, TNI ada untuk rakyat dan semoga TNI selalu di cintai rakyat Indonesia,” tutup ketum KJJT itu.
(BFT/SUB/KJJT)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*