Pengacara Agus Mulyawan Dukung Piala Dunia U20 tetap Berlangsung di Indonesia

BERITAFAJARTIMUR.COM (Denpasar-BALI) | Polemik pembatalan drawing Piala Dunia U20 tahun 2023 oleh FIFA yang akan berlangsung di Indonesia, tepatnya di Bali sangat marak dibicarakan saat ini yang mana Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini bakal mempertemukan para pemain muda untuk menjadi juara dunia kelompok usia di bawah 20 tahun. Hal ini sangat disayangkan oleh Pengacara Bali I Kadek Agus Mulyawan, SH.MH., yang sekaligus juga penggemar sepak bola, dalam wawancara 28 Maret 2023;

“Saya sangat menyayangkan hal ini terjadi sebagai akibat dari polemik protes anti Israel yang disinyalir dilakukan oleh beberapa sejumlah tokoh dan elemen masyarakat. Padahal multiplier effec jika laga bergengsi tersebut bisa dilakukan di Indonesia akan sangat luar biasa. Apalagi kita berada dalam kondisi resesi ekonomi dunia, harusnya ini tidak terjadi kalau saja kita semua berpikir jernih dan bijak bahwa kegiatan Olahraga, khususnya Sepak bola harus dipisahkan dengan masalah politik. Apalagi Indonesia yang juga butuh pemulihan pariwisata setelah mengalami stagnasi akibat pandemi Covid-19,” papar Pengacara asli Bali ini.

Ketika ditanya pendapatnya, apakah hal ini sangat berpengaruh terhadap penolakan Israel karena dukungan Indonesia dalam perjuangan mendukung kemerdekaan Palestina? Dengan tersenyum Agus Mulyawan mencoba memaparkan pendapatnya,” Sah-sah saja pendapat tersebut, tapi kalau kaca mata saya lebih melihat hal ini di dunia persepakbolaan dan terlalu dini mengambil kesimpulan jika hal ini dikait-kaitkan dengan isu politik. Kalau kita lihat Fifa sendiri sudah berdiri lebih dari 100 tahun yang didirikan di Paris tahun 1904 dan tujuan FIfa sendiri didirikan untuk mengembangkan permainan sepak bola secara global untuk mempersatukan nilai kemanusian kan, dan Israel sudah lolos piala dunia Fifa di tahun 1970 apakah akan kita tolak? Bagaimana kita bisa mengatakan ini menjadi isu politik atau apalah, jadi sepatutnya kita membedakan mana olahraga, mana politik. Sedangkan PBB sendiri belum mengakui Palestina sebagai anggotanya. Apakah kita anti PBB? Dalam pandangan saya, sepatutnya kita mendukung agenda ini apalagi sudah dipersiapkan jauh sebelumnya oleh Fifa. Dan semoga saja kita tidak kena sanksi lagi dan semoga tidk menjadi kemunduran di dunia persepakbolaan kita kedepannya” paparnya, serius.

Agus Mulyawan yang juga seorang Lawyer dan tokoh intelektual Bali ini juga berharap,” kedepannya, semoga kita dapat mendudukkan persoalan Piala Dunia U-20 2023 menjadi persoalan olahraga, tidak melebar ke masalah politik. Saya berharap Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20/2023,” tutupnya.(Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*