Kunjungi Labuan Bajo Menkominfo Tinjau Kesiapan Layanan Media KTT ASEAN

Caption Foto: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, didampingi Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong, bersama pimpinan media nasional dan lokal mengunjungi Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (2/5/2023). Kunjungan tersebut untuk memastikan kesiapan beberapa tempat yang menjadi lokasi gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023. (Foto: Humas Kemkominfo

BERITAFAJARTIMUR.COM (Labuan-Bajo-MABAR) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko bersama pimpinan media nasional dan lokal mengunjungi Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (2/5/2023).

Kunjungan tersebut untuk memastikan kesiapan beberapa tempat yang menjadi lokasi gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023, di antaranya Hotel Meruorah sebagai tempat retreat, Hotel Ayana sebagai lokasi makan malam para Kepala Negara ASEAN, dan Media Center untuk mendukung komunikasi publik yang berlokasi di hotel Bintang Flores.

Ada 20 pimpinan media massa nasional, 8 media lokal NTT serta 17 wartawan nasional dan 9 wartawan lokal yang turut bersama Menkominfo dan Kepala Staf Kepresidenan. Secara keseluruhan kunjungan tersebut sebagai upaya melihat bagaimana perhelatan internasional 9 hingga 11 Mei 2023 siap digelar, terutama layanan media.

“Kita ingin standar layanan media di KTT ASEAN setara dengan KTT 20 di Bali tahun lalu, tentu disesuikan dengan kondisi Labuan Bajo,” kata Johnny G. Plate yang juga Penanggung Jawab Komunikasi dan Kehumasan dalam Kepanitiaan Nasiona KTT ke-42 ASEAN.

Media center yang disediakan bagi jurnalis memiliki berbagai fasilitas untuk memfasilitasi kerja para peliput KTT ASEAN, antara lain ruang kerja, ruang jumpa pers, studio mini, serta jaringan internet.

Siaran pers, foto, dan video dari lokasi KTT didistribusikan ke media center untuk menjadi bahan berita jurnalis. Tercatat 319 jurnalis yang terdaftar dan terakreditasi. Terdiri dari jurnalis lokal, nasional, regional ASEAN, dan global.

“Media center beroperasi mulai 6 Mei sampai 12 Mei dilengkapi jaringan internet dari fiber optik, satelit dan base transceiver station berkapasitas dan berkecepatan tinggi baik  4G maupun 5G,” kata Johnny Plate.

Menkominfo berharap media meliput dan memberitakan substansi pertemuan maupun sisi-sisi lain gelaran KTT ke-42 ASEAN 2023. “Kesuksesan KTT ASEAN turut ditentukan bagaimana media mentransmisikan informasi tentang KTT ASEAN tersebut,” kata Menteri Johnny.

Sementara Moeldoko yang juga anggota Tim Komunikasi dan Humas KTT ke-42 ASEAN 2023 menambahkan jika Indonesia telah mempunyai pengalaman dalam mengelola komunikasi publik dan media center saat pelaksanaan KTT G20. “Nah, pengalaman itu menjadi referensi untuk penyelenggaraan KTT ASEAN sekarang,” tuturnya.

Selasa (2/5/2023) malam, Menkominfo, Kepala Staf Kepresidenan dan Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri, melanjutkan berdiskusi dengan pimpinan media dan jurnalis. Sejumlah pimpinan media memberikan masukan dan saran untuk penyempurnaan penyelenggaraan KTT di Labuan Bajo. (BFT/LBJ/Kominfo/TR/Elvira).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*