Kesuksesan Festival Literasi Nasional 2023 di Surakarta, Bali Raih 9 Juara Tingkat Nasional

BERITAFAJARTIMUR.COM (Denpasar-BALI) | Nyalanesia kembali sukses selenggarakan Festival Literasi Nasional bertempat di Balai Kota Surakarta dan siaran langsung melalui YouTube pada Kamis, . Lebih dari 800 peserta dari berbagai wilayah Indonesia hadir secara langsung di Balai Kota Surakarta dan ribuan peserta lainnya hadir secara daring melalui siaran langsung YouTube Nyalanesia. Pada penyelenggaraan di tahun ketujuh ini, Festival Literasi Nasional mengangkat tema “Indonesia Bercerita.”

Kegiatan Festival Literasi Nasional 2023 di Surakarta sukses meriah dengan lebih dari 1700 sekolah peserta. Berkat doa kita semua, 9 perwakilan sekolah dari Bali meraih prestasi gemilang di tingkat nasional.

Penganugerahan juara tersebut meliputi Juara Kategori penulisan Surat, Puisi, Cerpen, dan Esai untuk Siswa dan Guru Tingkat Nasional, Juara Video Kreasi Sekolah Tingkat Nasional, Sekolah Percontohan Literasi Nasional, Website Literasi Sekolah Nasional, Teacher Literacy Awards, Adi Acarya Awards, dan Sosialisator Program Literasi Nasional Terbaik Tahun 2022.

Ketua Bidang Pendidikan DPW Pencinta Tanah Air Indonesia (PETANESIA) Provinsi Bali yang juga Koordinator Festival Literasi Denpasar dari NYALANESIA selaku Penyelenggara, Jemima Mulyandari, mengatakan, “Berkat doa kita semua, ada 9 Perwakilan Sekolah dari Bali yaitu 6 dari Denpasar, 2 dari Karangasem dan 1 dari Klungkung yang berhasil meraih Prestasi di Tingkat Nasional, hal ini tentu sangat membanggakan masyarakat Bali, Selamat kepada 9 Perwakilan Sekolah dari Bali yang telah berhasil meraih Juara di berbagai Kategori, ini adalah hasil dari doa dan usaha kita semua”.

Adapun detailnya, Jemima menambahkan sebagai berikut ;

1. SDTK Pelita Hati Denpasar berhasil meraih Juara 2 Tingkat Nasional Puisi SD, atas nama Marquez Jansen Alexander Nabuasa.

2. SMA Negeri 4 Denpasar berhasil meraih Juara 2 Tingkat Nasional Puisi SMA, atas nama Serlinda Istara.

3. SMA Swasta Tunas Daud Denpasar berhasil meraih Juara 1 Tingkat Nasional Puisi Guru, atas nama Patrick Ardina Barata.

4. SMA Negeri 1 Semarapura Klungkung berhasil meraih Juara 3 Tingkat Nasional Puisi Guru, atas nama Ida Idewa Nyoman Merta Semara Bawa.

5. SDN 2 Sengkidu Karangasem berhasil meraih Juara 1 Tingkat Nasional Esai Guru, atas nama Ni Luh Santini.

6. SMP Negeri 6 Denpasar berhasil meraih Juara 2 Tingkat Nasional Esai Guru, atas nama Andromeda Ken.

7. SMP PGRI 9 Denpasar berhasil meraih Juara 2 Video Kreasi Terbaik Tingkat Nasional.

8. SD Negeri 5 Tianyar Karangasem berhasil meraih Juara 1 Adi Acarya Awards, atas nama I Nyoman Sita Setiawan.

9. Juara 1 Sosialisator Program Literasi Nasional atas nama Jemima Mulyandari SPLN wilayah Bali.

Festival Literasi Nasional merupakan acara yang menjadi puncak pertemuan, pembelajaran, perayaan, dan penganugerahan, atas setiap program-program literasi yang diselenggarakan oleh Nyalanesia sepanjang tahun. Di tahun 2022 lalu, melalui program-program literasinya, Nyalanesia berhasil memfasilitasi lebih dari 1.700 sekolah dengan menghasilkan lebih dari 550 website literasi sekolah, 169 karya video kreasi sekolah hasil kolaborasi guru dan siswa, serta lebih dari 105.000 karya tulis dari kepala sekolah, guru, dan siswa.

Leonardo Fitres, selaku CEO Nyalanesia, dalam sambutannya untuk membuka acara, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mengupayakan agar seluruh program Nyalanesia dapat terlaksana selama tujuh tahun perjalanan.

“Tujuh tahun perjalanan Nyalanesia, pada gelaran FLN tahun ini, tentu tidak akan bisa berjalan tanpa dukungan dan upaya dari semua pihak. Saya ucapkan terima kasih kepada para pimpinan pemerintah pusat dan daerah, dinas pendidikan dan instansi di berbagai daerah, kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi, tokoh-tokoh nasional, penggerak literasi, komunitas literasi, dan seluruh Penyala yang telah mengupayakan seluruh kegiatan ini dapat terlaksana,” ujar Leonardo Fitres.

Nyalanesia bersama ribuan sekolah dan mitranya dalam pelaksanaan program selama tahun 2022, telah berhasil kembali memecahkan Rekor MURI dengan kategori “Pelatihan Literasi Kepada Guru dan Siswa di Sekolah Terbanyak.”

Kemudian untuk mengapresiasi ratusan ribu karya dari kepala sekolah, siswa dan guru, Festival Literasi Nasional 2023 menghadirkan sesi penganugerahan juara. Di mana karya-karya terbaik berupa tulisan maupun audio-visual ditampilkan, ratusan buku diluncurkan, serta para pengkarya yang menjadi juara diumumkan.

Dalam sesi acara terakhir, Nyalanesia juga meluncurkan ribuan buku antologi sekolah hasil program tahun 2022 dan buku antologi terbaik nasional, serta peluncuran program-program tahun 2023 yang dilakukan oleh Lenang Manggala, selaku Founder Nyalanesia.

Dalam sesi ini, Lenang Manggala meluncurkan berbagai program mulai yang sudah berjalan dari tahun sebelumnya seperti GSMB Nasional 2023, Festival Literasi Daerah, Teacher Masterclass, dan program-program baru seperti Festival Literasi Digital, Sekolah Literasi Nasional, Sekolah Penggerak Literasi, NextGen Teacher Academy, dan NextGen Student Academy.

“Pada akhirnya, terima kasih banyak atas kepercayaan yang diberikan pada Nyalanesia. Terima kasih banyak atas kebersamaannya, dan sampai berkumpul di Ekosistem Literasi Nyalanesia, sampai bertemu di program-program literasi Nyalanesia selanjutnya,” pungkas Lenang.(BFT/DPS/End)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*