APPMB Dukung Penuh Statemen Gubernur Bali Tolak Beras Impor dan Garam Impor

BERITAFAJARTIMUR.COM (Badung-BALI) Gubernur Bali Wayan Koster dalam pidatonya mengungkapkan bahwa 20 tahun lagi Pertanian akan menjadi Primadona investasi. Hal tersebut disampaikan Wayan Koster saat berlangsungnya Musrenbangnas 22 Mei 2023 di NDCC Nusa Dua dengan pertimbangan Bali harus Berdaulat dalam urusan pangan. Dimana, menurut Gubernur dalam konteks 20 tahun kedepan kita juga harus memikirkan pangan agar Indonesia bisa berdaulat di bidang pangan, bukan lagi ketahanan pangan. Hal tersebut diyakini mampu berdaulat karena Indonesia negara Agraris, jadi tidak semestinya kita mengimpor beras, garam hingga bawang putih. Untuk itu semua, peraturan yang ramah impor harus dirombak secara progresif, menyeluruh agar peraturannya pro Rakyat. Peraturan yang ramah import itu sangat menyulitkan kita untuk memberdayakan potensi ekonomi daerah.

Pertanian dibangun dengan serius di hulu tetapi di hilir malah impor beras, sehingga petani kita tidak mampu menikmati harga beras yang baik, karena beras lokal menjadi mahal serta tidak laku dipasaran. Menurut Gubernur bahwa pihaknya,” tidak setuju adanya beras impor ke Bali, karena Bali surplus beras, kalau Bulog mau beli beras belilah beras dari hasil petani kita di Bali, jangan beli beras dari negara luar, agar rakyat sejahtera, kalau kita membeli beras lokal maka perputaran ekonomi akan terjadi di dalam negeri, sehingga persoalan impor beras sudah waktunya untuk diakhiri,” demikian Koster.

“Saya sangat setuju, mendukung dan apresiasi atas pernyataan gubernur ini. Yang jelas terlihat membela kaum marginal dalam hal ini petani dan pertanian, terlebih dalam perspektif saya pribadi daerah kita adalah daerah pariwisata yang berbasis budaya dimana Budaya Bali bersumber dari budaya pertanian. Artinya Pertanian adalah sektor Dasar/Fundamen yang harus tetap diperkuat secara berkelanjutan karena telah terbukti sektor pertanian di Bali adalah kekuatan dari Budaya kita. Budaya agraris inilah yang membuat Bali unik & menarik,” komentar I Wayan Puspa Negara, SP., M.Si., selaku Ketua Aliansi Pelaku Pariwisata Marginal Bali (APPMB) dalam rilisnya, Rabu, 24 Mei 2023.

“Pertanian dalam arti luas memiliki peran esensial dlm kehidupan karena Pertanian secara faktual mengandung 3 nilai strategis dan vital yakni sebagai: Sumber/produksi/penghasil pangan, sebagai Pertahanan dan pelestarian lingkungan serta sebagai
Sumber budaya dasar orang Bali.
Begitu esensialnya peran pertanian yg kita belum sadari, maka satu satunya jalan agar kita berdaulat pangan, Lingkungan terjaga dan Budaya Bali Lestari, kita harus memproteksi pertanian, menjaga dan mempertahankan eksistensinya dg menjadikanya sebagai program prioritas, unggulan dlm setiap tahapan pembangunan/ Program berbasis Pro Pertanian,” ungkap Puspa Negara.

Tambahnya, Keberpihakan pada pertanian harus absolut didorong kemauan baik demi pertahanan lingkungan/Ekosistem, Keberlangsungan ketersediaan pangan serta pelestarian budaya. Jadi jika pembangunan di manage dengan tetap Menjadikan pertanian sektor prioritas maka akan muncul inovasi, tatanan dan tatacara pertanian yang dikelola dengan Management modern layaknya bisnis yang kuat dalam usaha tani/Perusahaan pertanian, sehingga sektor pertanian tidak lagi disumirkan/diidentikan dengan istilah: kotor, tidak bisa kaya, tidak memberi masa depan dan tidak maju maju.

“Saya yakin 10 tahun hingga 20 tahun kedepan, sektor pertanian akan menjadi emas, primadona dan diburu untuk berinvestasi, karena pertanian semakin sedikit/langka, sehingga dengan mengelola pertanian berbasis usaha tani profesional maka seorang petani akan bangga menjadi petani,” tegas Puspa Negara.

Dikatakan, Petani pun bisa menjadi kaya dengan kemampuan produksi, diversifikasi usaha serta, pengelolaan pertanian berbasis Usaha tani modern. Oleh karena itu, Anggaran yg ideal, Inovasi yang progresif revolusioner harus segera diarahkan pada sektor pertanian.

Jika Sektor pertanian bangkit maka kecukupan pangan terjaga, Budaya lestari dan pariwisata tumbuh berkelanjutan untuk memantik pertumbuhan ekonomi daerah berbasis stabilitas ketahanan pangan yang berkelanjutan. “Jadi saya Salut dengan Gubernur untuk Hentikan Impor Beras, Garam dan Bawang Putih dg keberpihakan pada sektor pertanian secara absolute,” pungkas Puspa Negara.(BFT/BDG/Editor: Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*