Wali Kota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa Ngaturang Bhakti Pujawali di Pura Pengubengan Besakih

BERITAFAJARTIMUR.COMĀ (Karangasem-BALI) | Pemerintah Kota Denpasar menghaturkan Pujawali di Pura Pengubengan Besakih, Senin (3/7).
Pelaksanaan Pujawali ini bertepatan dengan Purnama Kasa yang dipuput Ida Pedanda Gede Manu Singaraga, Griya Sangkan Gunung, Karangasem dan Ida Pendada Gede Wayan Banjar Pasima Yoga, Griya Sempoel Budha Keling, Karangasem.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa hadir mengikuti prosesi pelaksanaan Pujawali bersama tokoh masyarakat desa setempat dan umat pemedek.

Di samping itu tampak hadir pula Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Denpasar, Ny. IA. Widnyani Wiradana, serta Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Antara dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.
Walikota Jaya Negara disela-sela pelaksanaan persembahyangan bersama menyampaikan Pemkot Denpasar setiap tahun melaksanakan upacara Bhakti Pujawali di Pura Pengubengan, Besakih.

Pelaksanaan Pujawali merupakan momen penting untuk menyampaikan rasa penghormatan dan pemujaan kepada Ida SangHyang Widi Wasa serta mempertahankan hubungan harmonis dengan umat manusia dengan Ida Sang Hyang Widi Wasa.

“Harapan kita bersama memperoleh keberkahan dan kesucian yang lebih besar dalam kehidupan serta meneguhkan nilai-nilai keagamaan dan menjaga integritas moral, serta menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Jaya Negara.

Sementara Panitia Pujawali, Jro Mangku Nyoman Artawan mengatakan, pujawali di Pura Pengubengan Besakih dilaksanakan setiap tahun sekali bertepatan dengan Purnama Sasih Kasa. Dimana, tahun ini Ida Bhatara Pura Pengubengan Nyejer selama tiga hari. Untuk selanjutnya upacara penyeineban dilaksanakan tanggal 6 Juli 2023 mendatang.

“Semoga dengan upacara pujawali yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dapat memberikan berkah kepada seluruh umat masyarakat Bali serta alam semesta beserta isinya selalu dalam lindungan Tuhan,” ujarnya. (BFT/KAR/pur)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*