Presiden Joko Widodo Kunjungi Gudang Bulog Batu Cermin, Labuan Bajo

BERITAFAJARTIMUR.COM (Labuan Bajo-MABAR) Presiden Republik Indonesia H. Ir. Joko Widodo mengunjungi Gudang Bulog di Batu Cermin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin, 4 Desember 2023 dalam rangka mengecek persediaan beras hingga membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah keluarga penerima manfaat (KPM).

Presiden Jokowi menyebut bahwa bantuan pangan tersebut telah disalurkan oleh pemerintah sejak bulan April 2023 dan akan terus disalurkan kepada keluarga penerima manfaat hingga bulan Maret 2024.

“Jadi nanti bulan Januari, Februari, Maret (2024) diberikan lagi ya,” ucap Presiden saat menyapa masyarakat yang hadir.

Di lokasi penyaluran bantuan pangan beras hari ini, 508 KPM hadir untuk menerima langsung bantuan pangan yang bersumber dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Adapun KPM yang hadir terdiri dari berbagai kelurahan antara lain Labuan Bajo, Batu Cermin, Gorontalo, dan Wae Kelambu.

Ditemui di lokasi yang sama, Direktur SCPP Perum Bulog Mokhammad Suyamto menjelaskan bahwa Perum Bulog selaku operator Bantuan Beras CBP mendukung penuh program pemerintah yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

“Pemberian Bantuan Beras CBP alokasi bulan Desember (2023) ini merupakan bentuk apresiasi Presiden terhadap keberhasilan penyaluran bantuan pangan yang dinilai efektif menekan inflasi dan harga. Dapat kita amati, inflasi beras secara periodik terus melemah pasca bantuan pangan beras digulirkan,” jelasnya.

Progres pelaksanaan penyaluran bantuan pangan beras tahap kedua di Provinsi NTT per 1 Desember tercatat telah menyentuh angka 17.422.920 kg dari total alokasi sampai Desember 33.732.760 kg. Di lingkup nasional, realisasi bantuan pangan beras per 1 Desember telah berhasil menyalurkan sebanyak 621.531.910 kg atau 72,79 persen dari total alokasi sampai Desember 853.851.760 kg.

“Penyaluran bantuan beras alokasi desember ini merupakan bagian dari 2 tahap sebelumnya, yakni Januari-Maret dan September- November. Kemudian di Januari Februari Maret di 2024 juga akan ada bantuan pangan beras sebagaimana yang Bapak Presiden utarakan tadi,” terangnya.

Turut mendampingi Presiden antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Direktur SCPP Perum Bulog Mokhammad Suyamto, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, serta Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.(BFT/LBJ/Yoflan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*