Cegah Konflik Sosial di Manggarai Barat, TNI AD Gelar Binkom

BERITAFAJARTIMUR.COM (Labuan Bajo-MABAR)
Tentara Nasional Indonesia (TNI AD) menggelar kegiatan Bina Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial di wilayah kabupaten Manggarai Barat.

Kegiatan Binkom Cegah Konflik ini mengambil tema ‘Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial di Wilayah Kodim 1612/Manggarai’ dan berlangsung di Aula de AJ Hall Labuan Bajo, Senin (13/05/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya konflik sosial di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Melalui kegiatan ini, seluruh masyarakat diharapkan untuk saling menghargai perbedaan dan menyadari bahwa konflik sosial itu sungguh berdampak luas dan merugikan.

Waasintel Kasad, Jemen Intel, Kolonel Inf Ardian Triwasana, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan Binkom ini digelar sebagai salah satu upaya dari TNI AD melalui Kodim 1612/Manggarai untuk membangkitkan kesadaran banyak pihak terkait dampak buruk dari konflik sosial, hingga pada akhirnya seluruh komponen masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam upaya untuk melakukan pencegahan.

“Melalui kegiatan hari ini semoga kita semua bisa bersatu padu untuk dan selalu bekerja sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dengan demikian, maka konflik sosial pasti bisa dihindari,” ujar Kolonel Ardian.

Selain itu, Kolonel Ardian menambahkan bahwa kegiatan Binkom ini diharapkan tidak hanya sekedar sebuah program, tetapi juga harus ada dukungan timbal balik untuk membangun satu visi misi dan menyamakan persepsi dalam satu Bhineka Tunggal Ika untuk mencegah segala konflik yang terjadi.

“Selain itu, semoga semua pihak juga menyadari bahwa pencegahan konflik sosial bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan tanggung jawab seluruh pihak yang memiliki tanggung jawab moral,” beber Ardian.

Pantauan media ini, hadir sebagai nara sumber pada kegiatan itu adalah Kasrem 161/Wira Sakti, Kolonel Kopral Simon Petrus Kamlasi, Kasat Intelkam Polres Manggarai Barat IPTU Markus Frederiko Sega Wangge dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Manggarai Barat, Ir. Fransiskus Pratono.

Sedangkan yang diundang sebagai peserta kegiatan antara lain adalah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan perwakilan dari sejumlah Ormas di Labuan Bajo.

Sejumlah petinggi dari Korem 161/WS dan Kodim 1612/Manggarai juga turut hadir pada kegiatan itu, diantaranya : Kasi Intel Kasrem161/WS Kol Inf. Sentot Dwi Purnomo, Dandim 1612/Manggarai Letkol Arh Drian Priyambodo SE, Kapten Cku Santoso, SE dan Sertu Ronald Prasetyo. Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi juga hadir pada pembukaan kegiatan ini.(BFT/LBJ/Yoflan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*