1000 Wisatawan China Merayakan Imlek di Bali : Tampilkan Atraksi Seni Dua Budaya

Denpasar, Berita Fajar Timur.com – Perayaan “Tahun Baru Imlek 2569” yang jatuh pada 16 Februari 2018, membuat Bali dipadati dengan wisatawan asal China. Bahkan wisatawan yang datang mencapai 1.000 pengunjung.

Pesona pariwisata Bali tidak henti-hentinya menarik wisatawan mancanegara. Pulau Dewata dibanjiri 1.000 wisatawan asal China melalui perayaan Imlek 2018 yang bertakjub “Wonderfull Indonesia.”

Festival Imlek Wonderful Indonesia 2018 dipadati wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok di Harris Sunset Road, Kuta, Badung, Bali.

Acara yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata beserta Konjen China dan Asita ini ditujukan sebagai perayaan Imlek bagi wisman China.

Sekaligus mengembalikan kepercayaan wisman asal Negeri Tirai Bambu tersebut bahwa Bali aman.

Mengingat sejak erupsi Gunung Agung wisman China sempat tidak datang ke Bali karena ada “travel warning” dari pemerintahnya.

Beberapa agenda dilakukan selama 2 hari berturut-turut yakni 15 dan 16 Februari 2018 di lokasi yang sama.

Dari Pantauan Berita Fajar Timur.com, pada Kamis 15 Februari 2018, gelombang pertama wisatawan China langsung menyerbu Hotel Harris di Sunset Road, Bali.

“Ini menandakan Bali adalah tempat istimewa untuk merayakan Imlek. Arti penting lainnya, travel warning pemerintah China jadi tidak berlaku lagi,” tutur Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gede Pitak Pitana dalam sambutannya dihadapan tamu undangan yang hadir dalam mengikuti acara tersebut.

Jumlahnya langsung massif. Angkanya menembus 1.000 wisman. Kunjungan wisman China ini tidak berakhir sampai di situ. Masih ada 15.000 turis China lainnya yang bakal berlibur ke Bali dalam rangka libur Imlek 2018.

Tak ingin kehilangan momentum, beragam sambutan hangat pun langsung diberikan. Dari mulai atraksi budaya, suguhan gala dinner hingga live music, semuanya ditampilkan di Ballroom Hotel Harris Sunset Road.

“Perayaan Imlek sangat penting. Kami ingin berbagi kegembiraan dengan para wisatawan China. Mereka harus lebih mengenal beragam potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia, khususnya di Bali. Kami sangat terbuka kepada mereka. Ayo, silakan bergabung di sini,” ujar I Gde Pitana.

Khusus untuk even Konjen China di Bali, perayaan Imlek digelar dua hari di Harris Hotel Sunset Road, Bali. “Bali luar biasa. Suasana perayaan Imlek di Bali ternyata sangat mirip dengan di China. Yang merayakan Imlek, saya ucapkan Selamat Tahun Baru,” kata Chen Wei, selaku Konjen China di Bali.

Chen Wei memang terlihat total saat menggelar even perayaan Imlek di Bali. Dengan dukungan Kementerian Pariwisata, Konjen China di Bali terlihat all out menyiapkan segalanya.

Nuansa budaya China yang didominasi warna merah tersebar merata di tengah acara. Bahkan, seniman dari Provinsi He Nan China,  ikut diboyong ke tengah acara. Itu belum termasuk pertunjukan Barongsai, pembagian angpau oleh dewa uang, parade kuliner, dan pembagian doorprize.

“Acara sangat padat dan menarik. Ada budaya Bali. Budaya China. Ini seperti pertukaran budaya dua negara. Mudah-mudahan setelah ini wisatawan China bisa berkontribusi lebih besar lagi terhadap perkembangan pariwisata Indonesia,” Pungkasnya.

Diantaranya hiburan, tarian Barongsai, dan beberapa agenda Imlek lainnya. Ketua DPD Asita Bali, I Ketut Ardana, mengatakan event ini sangat baik.

“Sebab ini akan memberikan berita positif kepada negara China, bahwa Bali aman-aman saja dengan mitigation plan yang sangat baik,” katanya. Apalagi level Gunung Agung telah turun status menjadi Siaga. Semua informasi ini, kata dia, akan diinformasikan kepada dunia luar.

“Kepada tour operator, kepada calon wisatawan, kepada siapapun yang terkait dunia kepariwisataan, mereka sangat membutuhkan informasi ini,” tegasnya.

Pihaknya pun akan memberikan ke partner Asita, baik lewat email, telepon akan disampikan bahwa Bali aman.

“Sebab ada penurunan. Jadi dari Desember, Januari, Februari sampai Maret kami lost. Rata-rata pelaku pariwisata itu lost, karena pada waktu itu penurunanya sangat tajam sekali,” tegasnya.

Kata dia, kemungkinan lost pada saat itu 50-60 persen dan kini sekitar 30-40 persen masih lost.

Namun pelan-pelan telah membaik. Wisman ini datangnya dari mana saja, di wilayah China.

Mekanisme pemilihan wisman ini, kata dia, dilakukan oleh rekan-rekan Asita yang meng-handle turis China, karena tempat duduk terbatas sehingga diutamakan yang mendaftar duluan.

Jadi masing-masing mengirim name list tamunya via email ke Bali Liang yang spesial handle market China.

Dalam acara tersebut kira-kira ada 10-15 tour and travel yang handle wisman China dalam acara Imlek tersebut.

“Ini kedua kali. Mudah-mudahan bisa dilakukan lagi ke depannya,” tegasnya. Hal ini pun akan menjadi berita di China, yang memberikan dampak positif bagi Bali. //gre

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*