Peluang TGB Cawapres Tipis

Jakarta, BERITAFAJARTIMUR.COM PENGAMAT politik Indonesia Public Institute (IPI) Jerry Massie menyebut peluang Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo tipis karena terdapat sejumlah pilihan apabila tokoh keagamaan yang dipilih.

“TGB peluangnya tipis, setelah dia menyatakan bergabung dengan koalisi pemerintah,” ujar Jerry dihubungi di Jakarta, Jumat (13/7).

Meski begitu, di luar partai koalisi, apabila Jokowi memilih tokoh umat, Jerry menilai TGB dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin lebih berpeluang ketimbang calon lainnya.

Kendati TGB tidak menjadi wakil berpasangan dengan Jokowi, ia diperkirakan akan tetap masuk dalam kabinet mendatang.

“Pasti dia akan diterima masuk tim dan ini menggoyahkan posisi Demokrat lantaran dia kader terbaik Demokrat di NTB. Belum lagi “political branding” dalam enam bulan terus naik,” ucap Jerry.

Baca Juga: Temui Ustaz Abdul Somad, TGB Nyatakan Masih Satu Visi dan Misi

Menurut dia, koalisi umat juga dibuat resah dengan hijrahnya TGB ke gerbong Jokowi karena paling tidak kekuatan kelompok umat akan berkurang, ditambah pemilih di NTB sekitar 3,5 juta orang.

Ia mengatakan pemilih berdasar sosiologis yang sudah menokohkan seseorang maka akan sulit berubah pilihannya, sikapnya pun apatis dan skeptis dengan sosok yang lain.

“Lantaran sebagian dari mereka adalah pemilih tradisional, berbeda dengan pemilih rasional masih bisa berubah,” ujar dia.

Baca Juga: Masuk Bursa Cawapres Jokowi, Ini Tanggapan TGB

Sisi positif bergabungnya pemimpin yang ditokohkan umat, tutur Jerry, adalah akan melemahkan politik identitas yang masih tinggi setelah Pilkada DKI

 

Editor: Donny Parera

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*