Polres Badung “Ngelawar” Rayakan Hari Kemenangan

Beritafajartimur.com (Badung, Bali)
Menyambut Hari Raya Galungan Lan Kuningan, keluarga besar hindu Polres Badung, pagi ini mempersembahkan karya, mulai dari menghias disetiap sudut kesucian hingga membuat masakan Bali Ngelawar. Senin, (22/7)

Bhakti Religi yang dipimpin Ibu Wakapolres Badung Kompol Sindar Sinaga, SP mulai sejak pukul 08.20 Wita, setelah apel pagi, di Pura Giri Catur Loka Polres Badung, sangat meriah dan penuh kekeluargaan.

Tampak seluruh personil, gembira dalam acara yang jarang terjadi di Polres Badung.

Wakapolres Badung mengatakan disamping untuk mempererat tali persahabatan diantara keluarga besar Polres Badung, kegiatan ini juga bertujuan mempersembahkan rasa bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi, selama pelaksanaan tugas berjalan aman dan kondusif.

“Sudah banyak event – event penting yang kita laksanakan berjalan dengan baik, ini saat yang tepat untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sang Pencipta” ungkap Ibu Muda yang sangat getol belajar agama hindu.

Bila kita perhatikan rangkaian pelaksanaan Galungan, lebih nampak ke ajaran tantrayana yakni pemujaan terhadap Dewi Durga, sebagai saktinya Dewa Siwa.
Ini terlihat jelas saat dilakukannya penyemblihan binatang Babi dan binatang lainnya di hari Penamahan.

Bila direnungkan lebih dalam kekuatan (sakti), bila mampu dijinakkan, maka Sakti menjadi kekuatan kehidupan, pemberi kesejahteraan, dan kedamaian. “Inilah yang dimaksud Hari Raya Galungan merupakan hari kemenangan Dharma melawan Adharma” kata Ibu Sinaga, yang aktif membaca ajaran hindu sejak menikah dengan orang Bali.

Seperti saat mempersembahkan segehan (sajian) terhadap Durga Bhucari, Kala Bhucari dan Bhuta Bhucari, berharap menjadi Durga Hita, Kala Hita dan Bhuta Hita.

Maksudnya Kekuatan yang menyakitkan, Waktu yang menyakitkan dan situasi yang menyakitkan jadikanlah Kekuatan yang menyenangkan, waktu yang menyenangkan dan situasi yang menyenangkan.

Sederhana bukan ?
“Mari kita rayakan hari Raya Galungan Lan Kuningan dengan senang hati, bersih diri, suci pikiran, dan berjalan seperti jalannya matahari dan bulan, hanya memberi kehidupan sepanjang hari” Pungkasnya.(BFT-WSP)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*