Tingkatkan SDM, Peradah Bali Buka Mindset Pemuda Desa Optimalkan Beasiswa

Beritafajartimur.com (Singaraja, Bali)- Mengakses pendidikan tinggi saat ini bukan menjadi mimpi lagi bagi para pemuda desa yang terkendala biaya. Pasalnya Pemerintah melalui berbagai lembaga pendidikan di perguruan tinggi memberikan akses beasiswa bagi tamatan SMA/SMK sederajat untuk bisa melanjutkan bangku kuliah. Meski demikian faktor lingkungan dan pragmatime pemuda yang ingin menjadi pekerja muda, membuat kualitas SDM desa lemah. Perlu dorongan berbagai pihak untuk menyadarkan generasi muda melanjutkan pendidikan yang cukup untuk bekal dikemudian hari.

Hal itu menjadi sorotan dalam Dialog Penguatan Kapasitas dan SDM Pemuda Hindu yang digagas oleh DPP Peradah Indonesia Bali di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng , Minggu ( 19/1). Kegiatan tersebut merupakan program dari Peradah Masuk Desa yang digagas oleh DPP Peradah Bali periode 2018-2021. Acara ini melibatkan DPK Peradah Indonesia Buleleng dan HMP Penerangan STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

” Kampung Baru adalah kawasan heterogen di Singaraja. Jadi tantangan bagi kami melakukan pembinaan. Apalagi sikap apatis melanda generasi anak muda Hindu saat ini. Dialog ini membangun literasi sekaligus mindset mengenai pentingnya pendidikan, “kata Ketua DPP Peradah Indonesia Bali Ini Komang Agus Widiantara disela kegiatan dialog.

Setelah melakukan kegiatan serupa di Kabupaten Gianyar, kini program Peradah Masuk Desa menyasar desa-desa di Kabupaten Buleleng. Setiap daerah kata pemuda yang juga dosen ini, memiliki karakter tersendiri. Ia mengakui tak sedikit orientasi pemuda di Singaraja yang memilih sebagai pekerja di kota-kota besar. Dengan alasan mudah memiliki penghasilan. Disamping itu diakui karena melanjutkan pendidikan tinggi masih di cap mahal.

” Padahal saat ini banyak jenis beasiswa yang disiapkan oleh pemerintah. Kita ingin membuka mindset anak muda di Singaraja. Yang dibutuhkan sekarang adalah niat dan tekad yang besar, “kata dia. Sebagai kota pendidikan, sangat disayangkan jika pemuda pemudi disana tidak melanjutkan pendidikan Tinggi. Mengingat nyaris standar profesi strategis saat ini membutuhkan lulusan S1. Terlebih agenda pemerintah untuk menggenjot Buleleng sebagai destinasi Pariwisata dengan pembangunan bandara dikemudian hari, perlu penyediaan SDM yang mumpuni dari sekarang.

Sementara itu Ketua Jurusan Dharma Duta STAHN Mpu Kuturan Singaraja Dr I Made Sedana selaku narasumber pada kegiatan tersebut memberikan akses beasiswa kepada pemuda-pemudi Kelurahan Kampung Baru untuk melanjutkan studi di kelembagaanya saat ini. STAHN kata dia sebagai lembaga pendidikan tinggi adalah milik umat Hindu. Seyogyanya umat bisa mengakses beasiswa untuk mengurangi beban pendidikan.

” Di Buleleng, satu-satunya kampus Hindu negeri dan milik umat ya STAHN, ada 700 beasiswa. Silahkan diakses. Pembinaan yang dilakukan Peradah sangat efektif menyasar desa-desa,” kata Sedana. Disamping itu, ia mengingatkan kepada peserta dialog yang dihadiri sekehe teruna tersebut agar militansi kehinduan di tingkatkan mengingat ditengah gempuran Hindu dari berbagai arah.

Sementara narasumber lainnya Ketua DPK Peradah Indonesia Buleleng Made Andi Bagus Purnomo, M.Pd., mengingatkan peran pemuda dalam peningkatan sikap dan kepekaan sosial. Ditengah kehidupan individualis saat ini, Anak-anak muda menarik diri dan lebih cenderung hedonis. Sementara persoalan sosial seyogyanya bisa disikapi dengan langkah sederhana dan konsisten. “Minimal dengan berbagi antar sesama di lingkungan dulu dimulai. Kurangi agenda seremonial kepemudaan yang tak produktif, “tegasnya.

Sedangkan Wayan Supada,MM., entrepreneur sekaligus dosen tersebut mengarahkan muda mudi di desa untuk memulai kemandirian dengan menjadi wirausaha. Menjadi pengusaha kata dia tidak usah banyak teori dan rencana. “Coba dulu. Jangan gengsi. Penghasilan entrepreneur lebih banyak ketimbang karyawan. Anak muda jangan suka cari aman, “katanya memotivasi.

Pihak desa setempat menyambut baik digelarnya dialog penguatan kapasitas pemuda Hindu tersebut. Saat ini tak banyak yang perduli untuk menyadarkan anak muda di desa-desa. ” Kami berharap banyak kepada Peradah, “kata Klian Adat Banjar Kampung Baru Jro Mangku.(BFT/SGR/Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*