Denny Satya Wijaya: Tumpukan Sampah di Waduk Muara Akibatkan Rumah Warga Terendam Banjir

Beritafajartimur.com (Denpasar)
Banjir yang merendam rumah warga di
Banjar Kajeng dan Gelogor Carik, Desa Pemogan pada Minggu (31/5) hingga Senin (1/6/2020) sangat miris ketika kita semua terkonsentrasi pada penanganan wabah pandemi Covid-19.
Bencana tersebut tidak perlu terjadi jika semua komponen masyarakat memiliki kesadaran kolektif terhadap lingkungan sekitar.

Menjelaskan hal tersebut, Kepala Satuan Kerja (Satker) PJSA Balai Sungai (BWS) Bali-Penida Made Denny Satya Wijaya menjelaskan,” Banyaknya volume psampah yang datang dari hulu Sungai Tukad Badung ke Waduk Muara, Nusa Dua, Kota Denpasar yang menyebabkan penyumbatan dan penumpukan sampah pada bar screen sehingga laju air menjadi terhambat dan mengakibatkan back water dan air drainase tidak bisa masuk ke Tukad Badung yang kemudian menggenangi rumah warga yang berada disekitar Waduk Muara,” tuturnya, Jumat (5/6/2020) kepada media ini.

Dikatakan, memang ketika musim hujan tiba, pasti dua Banjar di wilayah Desa Pemogan ini selalu mengalami banjir. Itu disebabkan banyaknya tumpukan sampah yang hanyut dari hulu ke Waduk Muara.

“Padahal dari pemerintah sendiri sudah terus menghimbau kepada masyarakat agar jangan pernah membuang sampah ke sungai. Kalau sudah banjir begini, pasti masyarakat sendiri yang dirugikan,” sesalnya.

Menurut Denny, selama ini dimana kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih, salah satunya tidak membuang sampah ke sungai harus menjadi habitus masyarakat.

“Karena tumpukan sampah inilah yang menyebabkan aliran air sungai terhambat. Dan aliran drainase tidak bisa masuk ke Tukad Badung sehingga air meluap naik kepermukaan yang kemudian menggenangi rumah warga. Kondisi itu terjadi ketika musim hujan tiba,” paparnya.

Denny menjelaskan kalau persoalan sampah seperti ini tidak bisa sepenuhnya hanya ditangani BWS Bali-Penida saja, namun dibutuhkan juga peran serta dan juga kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai yakni salah satunya tidak membuang sampah ke sungai.

” Pengelolaan sungai Tukad Badung dan Waduk Muara perlu peran serta masyarakat dan instansi terkait utuk berperan dalam mengatasi persoalan sampah di sungai agar kedepannya tidak lagi ada luapan air sungai ketika musim hujan tiba. Jika semua turut berperan, maka persoalan seperti ini akan segera bisa kita atasi bersama,” imbuhnya.

Lebih jauh dikatakan, dalam menghadapi masalah banjir yang diakibatkan tumpukan sampah dibutuhkan peran serta berbagai pihak. Terutama meningkatkan kesadaran masyarakat di hilir agar tidak membuang sampah sembarangan ke daerah aliran sungai (DAS).

“Apalagi ketika musim hujan tiba dengan banyaknya tumpukan sampah yang menggenang, pastinya Waduk Muara tidak akan bisa menampung air dalam kondisi hujan yang deras. Kalau sudah tidak bisa menampung otomatis akan meluap, dan menggenangi rumah warga di sekitar Waduk Muara,” tutupnya. (BFT/DPS/SUS/Editor: Donnya MP. Parera))

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*