Kopdit Pintu Air Cabang Ruteng Targetkan 5000 Anggota Tahun Buku 2021

Beritafajartimur.com (Manggarai) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Pintu Air Cabang Ruteng menargetkan 5.000 anggota pada tahun buku 2021.

Hal itu disampaikan Manager KSP Kopdit Pintu Air Cabang Ruteng, Hubertus Arifin Gulo kepada Wartanusantara.id pada Sabtu, 27/5/2021.

“Itu target untuk tahun buku 2021,” katanya.

Hal itu, kata Arifin, target peningkatan anggota itu melalui kegiatan sosialisasi di setiap wilayah di Kabupaten Manggarai.

Menurutnya, saat ini KSP Kopdit Pintu Air Cabang Ruteng memiliki aset sebesar Rp.36.201.089.311.

“Ini terhitung pada aset tetap seperti tanah, kendaraan, pinjaman saham juga termasuk saham yang sebesar 9 miliar,” sebutnya.

Dikatakan pria yang biasa disapa Arifin ini, pihaknya selama ini telah gencar memberikan pendampingan atau pendidikan tentang mekanisme simpan pinjam pada KSP Pintu setiap bulan.

“Selain itu gencar melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah di semua wilayah di Kabupaten Manggarai,” katanya.

Untuk aset 9 miliar itu, kata dia, merupakan simpanan saham dari anggota Pintu Air cabang Ruteng sebanyak 3.739 orang.

“Pintu Air menjadi wadah investasi bagi masyarakat, secara khusus masyarakat kecil,” terangnya.

Selain untuk berinvestasi, kata dia, KSP Pintu Air menjamin kehidupan bagi setiap para anggota, seperti kehidupan ekonomi masyarakat.
Lanjutnya, KSP Pintu adakan solidaritas kesehatan dan solidaritas kematian.(BFT/RUT/GYS)

“Misalanya anggota sudah bergabung lebih dari 4 bulan, di saat sakit rawat inap 1×24 jam lembaga memberikan solidaritas kesehatannya sebesar 1 juta,” sebutnya.

“Begitu juga solidaritas kematian akan mendapatkan solidaritas, dan dihitung secara profesional oleh lembaga,” tambahnya.

Sementara Ketua Komite KSP Pintu Air cabang Ruteng, Aloysius Fridensius menyampaikan, pihaknya memberikan sosialisasi tentu bertujuan untuk memikat masyarakat untuk menjadi anggota di KSP Pintu Air.

Selain itu juga, kata pria yang biasa disapa Frenky ini, pihaknya menyampaikan kelebihan Pintu Air, yaitu mengasuransikan jiwa para anggota ketika di kemudian hari para anggota mengalami sakit atau meninggal dunia.

“Misalnya asuransi kesehatan, jika anggota mengalami sakit, pihak KSP Pintu Air akan memberikan dana santunan kesehatan sebesar 1 juta. Begitu juga dengan asuransi duka,” terangnya.

Dalam kesempatan itu juga, Frenky, memaparkan visi Pintu Air yakni kesejahteraan anggota atau jadikan anggota menjadi kaya. Sedangkan misinya, menjadikan seluruh masyarakat menjadi anggota koperasi, dan budaya menabung.

“Selama ini masyarakat sangat antusias. Sebab, pengakuan mereka selama ini yang ada di wilayah Langke hanya koperasi harian dan koperasi mingguan,” ketusnya.

“Pintu Air sangat tepat untuk kebutuhan masyarakat secara khusus untuk pengembangan ekonomi,” tambahnya.

Sementara Wakil Ketua Komite KSP Pintu Air cabang Ruteng, Alex Mersius Hendriques mengatakan, pihaknya selama ini gencar memberikan pendampingan atau pendidikan tentang mekanisme simpan pinjam pada KSP Pintu Air setiap bulan.

Menurut dia, kehadiran Pintu Air sangat membantu masyarakat yang ekonomi kecil.

“Misalanya dengan saham 1 juta, dia bisa meminjam uang sebesar 3 juta,” sebut Mersi begitu ia disapa.

Mersi mengaku, para anggota yang telah bergabung di Pintu Air telah membuktikan peningkatan ekonomi.

“Selama ini sudah banyak anggota terbantu setiap mengalami kesulitan ekonomi. Contohnya untuk usaha kios, pendidikan, dengan usaha ternak,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*