Ketua DPRD Gianyar Apresiasi Dibukanya Kembali Pariwisata Bali, Harapkan Pengurangan Masa Karantina Jadi Dua Hari

Beritafajartimur.com (Gianyar-Bali) Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, Drs. I Wayan Tagel Winarta menyambut baik dibukanya pintu masuk wisatawan mancanegara ke Bali. Pihaknya berharap pembukaan pintu masuk Bali ini bisa mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat Bali, dibukanya kembali akses untuk wisman harus membuat ekonomi masyarakat kembali menggeliat.

Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, Drs. I Wayan Tagel Winarta kepada Wartawan Beritafajartimur.com ini mengatakan penutupan akses bagi turis asing ke Bali selama pandemi Covid-19 mengakibatkan terhentinya berbagai jenis usaha yang berafiliasi dengan pariwisata. Mulai dari perdagangan, akomodasi, industri jasa, transportasi, hingga industri kerajinan lainnya.

Karena itu, I Wayan Tagel Winarta berharap agar pemerintah mengatur sedemikian rupa supaya pembukaan akses untuk turis asing berdampak besar bagi perekonomian masyarakat Bali, bahkan sampai ke level UMKM. Dengan peningkatan ekonomi rakyat, perekonomian Bali juga akan tumbuh sehingga kesejahteraan akan semakin membaik.

Wayan Tagel Winarta meyakini, pertumbuhan ekonomi Bali yang baik akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, tentunya pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus bahu membahu dengan dibukanya kembali sektor pariwisata agar Indonesia tak lagi mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi.

I Wayan Tagel Winarta menjelaskan beberapa syarat harus diikuti wisman apabila hendak masuk ke Bali yakni sudah vaksin lengkap, menjalani tes kesehatan termasuk harus terbebas dari Covid-19.

Selanjutnya Ia berpesan agar masyarakat yang berkunjung ke Bali tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, sehingga kondisi yang sudah membaik ini tidak kembali memburuk dengan adanya peningkatan penyebaran virus corona dan jangan lupa, tetap menggunakan protokol kesehatan pakai masker, jaga jarak dan terus menerus jaga kebersihan tangan.

Selain itu, I Wayan Tagel Winarta bersyukur dan bangga karena Indonesia bisa lolos tahap awal pandemi, setelah hampir dua tahun wabah itu melanda.

Namun, dia menegaskan bahwa Indonesia harus terus berjuang melawan pandemi Covid-19, caranya dengan tetap menjaga kebugaran melalui olahraga dan menjaga kesehatan supaya terhindar dari virus.

Dikatakan agar masa karantina untuk wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia khususnya ke Bali bisa dikurangi cukup dua hari, sehingga harapannya bisa lebih menarik minat wisman untuk datang ke Bali.

“Kami menyambut baik dibukanya pintu masuk untuk wisman ke Bali, pengurangan masa karantina menjadi 5 hari juga cukup menjadi angin segar, walaupun menurut kami jika memungkinkan bisa dikurangi lagi menjadi hanya 2 hari saja,” katanya.

Ia juga berharap agar waktu karantina bagi wisatawan mancanegara dijalankan berdasarkan pendekatan zonasi risiko, wisatawan mancanegara yang datang dari negara dengan kasus Covid-19 yang tinggi waktu karantina bisa lebih lama, sedangkan wisatawan mancanegara yang datang dari negara dengan kasus Covid-19 yang terkendali, waktu karantina bisa lebih singkat cukup dua hari saja hal tersebut tentunya untuk menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang berlibur ke Bali. (Ngakan Udiana)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*