OHSC dan OHCC Berkolaborasi dalam Giat Sobat Helminth One Health di SDN 3 Blahkiuh

Beritafajartimur.com (Badung-BALI) | Panitia OHSC ( One Health Student Club ) Batch 4 bersama Udayana One Health Collaborating Center (Udayana OHCC) menunjukkan kepeduliannya terhadap tingginya kasus kecacingan pada siswa Sekolah Dasar melalui kegiatan “Sosialisasi Bersama Teman Helminth One Health (Sobat Helminth One Health)”. Kegiatan Sobat Helminth One Health ini dihadiri oleh Program manajer beserta tim Udayana OHCC dan 3 pembicara yang akan memberikan materi sosialisasi dari promosi kesehatan Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (PSSKM) FK Udayana 2018. Pemberian materi sosialisasi mengenai cacingan dan PHBS dilaksanakan di kelas I – III.

Adapun agenda sosialisasi tersebut mengenai kecacingan dan pentingnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang disertai pemberian ice breaking berupa games menyusun enam langkah mencuci tangan dengan baik dan benar. Kegiatan diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada ketiga pembicara.

Kegiatan Sobat Helminth One Health hari pertama telah terlaksana pada tanggal 07 Desember 2021 dan acara penutupan berlangsung pada tanggal 13 Desember 2021. Rangkaian kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia yang diberikan oleh saudari Yolanda yang menjelaskan dalam laporannya bahwa tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa-siswi SDN 3 Blahkiuh terkait pentingnya menghindari diri dari penyakit cacingan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga siswa-siswi dapat menjadi tahu, mau, dan mampu untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan secara tidak langsung akan berperan dalam memutus penularan Covid-19.

SDN 3 Blahkiuh dipilih sebagai sasaran kegiatan karena salah satu sekolah dasar di Kabupaten Badung yang jarang tersentuh sosialisasi kesehatan terutama mengenai kecacingan dan PHBS. Dalam sambutan Program Manajer Udayana OHCC menekankan pentingnya melakukan kegiatan yang mampu mewadahi adik-adik sekolah dasar untuk meningkatkan pengetahuan dan membentuk perilaku hidup bersih dan sehat.

Selanjutnya, sambutan Drs. I Ketut Arsa, M.pd. selaku kepala sekolah SDN 3 Blahkiuh menegaskan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas diselenggarakannya kegiatan Sobat Helminth 2021 karena akan sangat membantu siswa-siswinya selangkah lebih maju dari sekolah lain dalam mengetahui pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat untuk bebas dari cacingan. Berakhirnya kegiatan sosialisasi hari pertama ditandai dengan pemberian sertifikat kepada ketiga pembicara.

Rangkaian kegiatan acara penutupan sosialisasi pada tanggal 13 Desember 2021 ditandai dengan pemberian perlengkapan PHBS kepada pihak sekolah. Dengan adanya pemberian PHBS ini diharapkan apa yang telah diinformasikan kepada siswa-siswi SDN 3 Blahkiuh lebih bisa diterapkan dengan dukungan dan bimbingan dari pihak sekolah.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada pihak sekolah atas ketersediaannya sebagai mitra kerja sama dalam kegiatan sosialisasi Sobat Helminth One Health 2021.

Program ini dirasa penting karena peningkatan pengetahuan siswa akan mendorong dan membentuk perilakunya dalam hal menghindari diri dari risiko terkena dampak penyakit melalui PHBS (Teori Health Belief Model), sehingga secara tidak langsung akan membantu pihak sekolah mewujudkan lingkungan yang sehat di sekolah dan terhindar dari cacingan akibat kontaminasi. Serta menjadi langkah pencegahan terjadinya kasus cacingan di Bali termasuk di Kabupaten Badung yang berada pada tingkat menengah (20-40%) kasus cacingan yang terjadi pada usia sekolah dasar.(BFT/BDG/Dek)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*