Kunjungi Rumah Singgah St. Theresa Labuan Bajo, Ketua DPRD NTT: Terimakasih sudah Rawat dan Beri Harapan kepada Anak-anak

Beritafajartimur.com (Labuan Bajo-Mabar) | Ketua DPRD NTT Ir.Emilia Julia Nomleni menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun PBNU ke-96 tahun di Labuan Bajo pada Sabtu, 05 Februari 2022. Disela-sela kesibukannya, Ketua DPRD NTT menghadiri acara ulang tahun PBNU tersebut, ia menyempatkan diri untuk mengunjungi rumah singgah St. Theresa JPIC SSpS Flores Barat-Labuan Bajo.

Kedatangan Srikandi NTT ini untuk bersilaturahmi dengan para suster dan juga anak-anak penghuni Rumah Singgah St. Theresa.

Kehadiran mama Emi Nomleni yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan NTT ini didampingi oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Manggarai Barat Darius Angkur, Amd yang juga wakil Ketua 1 DPRD Manggarai Barat, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Manggarai Barat Agustinus Jik,  bersama jajaran pengurus dan kader PDI Perjuangan Manggarai Barat. Rombongan tiba di susteran SSpS Labuan Bajo pada pukul 18.30 Wita, setelah sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Warloka dan juga mengikuti acara Hari Ulang Tahun PBNU di hotel Meruorah Labuan Bajo.

Kedatangan Ketua DPRD perempuan pertama di NTT tersebut disambut dengan suka cita oleh anggota komunitas Rumah Singgah St. Theresa, mereka begitu gembira ketika mendapat pelukan hangat dari mama Emi. Ibu Emi Nomleni sebelum menjadi Ketua DPRD NTT memang dikenal luas sebagai sosok aktivis kemanusiaan yang fokus menangani masalah-masalah perempuan dan anak.  Di hadapan para suster, ibu Emi Nomleni berterimakasih kepada Susteran SSpS telah menjaga anak-anak dengan baik. Itu memberikan harapan bagi mereka untuk bisa berkembang lebih baik. “Saya hadir disini karena rindu ingin bertemu anak-anak, sebelumnya saya pernah kesini. Mama suster terimakasih, sudah merawat anak-anak, sudah memberi mereka harapan untuk berkembang lebih baik,” ungkap mama Emi Nomleni dengan haru.

Sementara itu, Kepala Rumah Singgah St. Theresa JPIC SSpS Flores Barat, Sr. Maria Yosephin  di hadapan mama Emi menjelaskan bahwa Rumah Singgah St. Theresa Labuan Bajo serius dan fokus menangani persoalan kemanusiaan yang dialami oleh anak-anak dan perempuan.

“Rumah Singgah Susteran Labuan Bajo fokus menangani anak-anak korban kekerasan seperti KDRT, kekerasan dan pelecehan seksual dari berbagai daerah di wilayah kerja Flores Barat. Saat ini terdapat 15 orang yang sedang dirawat dan tinggal disini, 8 orang dewasa dan 7 orang anak-anak,” ujar Sr. Yosephin.

Suster Yosephin menambahkan bahwa dalam pengamatannya di Manggarai Barat minim sekali membicarakan tentang kasus kekerasan pada perempuan dan anak. Fokus pemerintah dan pihak-pihak terkait lebih banyak bicara pariwisata superpremium. Harapannya supaya semakin banyak pihak yang mau bekerja sama menangani isu-isu soal perempuan dan anak.

Lebih lanjut Sr. Yosephin menjelaskan, metode penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan. Ia mencontohkan, kasus hamil di luar nikah minimal harus ditangani selama 2 (dua) tahun. Tujuannya agar bisa memberikan penanganan yang maksimal; penanganannya mulai dari perawatan ibu saat hamil, pendampingan saat melahirkan hingga pasca persalinan, baik urusan kesehatan maupun kehidupan ekonomi sang ibu. “Praktis membutuhkan waktu minimal 2 tahun sebelum dikembalikan ke keluarga. Mayoritas mereka berasal dari keluarga kurang mampu. Kita melayani dengan hati yang sungguh, Tuhan pasti membantu,” tutur Sr. Yosephin. Ia pun tak lupa berterimakasih atas kehadiran Ibu Emi Nomleni di Rumah Singgah tersebut.

Pantauan media ini, Ibu Emilia Nomleni menghabiskan waktu hampir 2 jam bersama anggota Komunitas Rumah Singgah St. Theresa JPIC SSpS Flores Barat. (BFT/LBJ/YFW)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*