SMA 1 Kuta Utara Selenggarakan PTM dengan Prokes Ketat

Caption: Kepala Sekolah SMA 1 Kuta Utara, I Gusti Nyoman Naranata, S.Pd.,M.Pd. (foto: Donny Parera)

Beritafajartimur.com (Badung-BALI) | Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kembali dilaksanakan satuan pendidikan di Indonesia di masa pandemi level 2, setelah keluarnya Keputusan 4 Menteri terkait, masing-masing: Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan RI yang ditindaklanjuti surat dari Gubernur Bali nomor 512/SatgasCovid19/III/2022, tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang dimulai awal April 2022. Sehingga
dengan adanya keputusan pemerintah tersebut, sekolah-sekolah mulai melaksanakan PTM di awal April 2022 ini. Ada yang dimulai 1 April 2022 dan ada pula yang resmi dilaksanakan pada Senin, 4 April 2022. Demikian pula PTM di SMA Negeri 1 Kuta Utara saat media ini berkunjung di Sekolah yang terletak di Jalan I Made Bulet No.19, Dalung, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung ini untuk memantau jalannya PTM di masa pandemi Covid-19 ini.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kuta Utara, I Gusti Nyoman Naranata, S.Pd.,M.Pd., menyampaikan bahwa,” PTM di SMA Negeri 1 Kuta Utara mengacu pada Surat Keputusan bersama 4 Menteri tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas yang diperkuat Surat Edaran Gubernur Bali nomor 512/SatgasCovid19/III/2022, tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang dimulai awal April 2022. Karena itu, dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan kondisi Bali yang masih PPKM Level 2 sehingga tetap dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

“Mengingat kita pernah melakukan PTM di awal tahun yang kemudian dihentikan akibat adanya kluster PTM di Denpasar dan Tabanan sehingga kita persiapannya sudah sangat baik menghadapi PTM di bulan April ini. Persiapan itu tentunya terkait Protokol Kesehatan karena kita di Bali masih PPKM Level 2. Sehingga sarana dan prasarana Prokes sudah kita siapkan semua sebelum dilaksanakannya PTM ini. Mulai dari penyediaan Wastafel, Digital Thermo Gun, Hand sanitizer dan lain-lain,” ujar Gusti Nyoman Naranata.

“Dalam pelaksanaannya, saat masuk, para siswa diperiksa Satgas Covid-19 untuk memeriksa suhu tubuh lewat Digital Thermo Gun, mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan. Lalu mengecek vaksin lewat aplikasi PeduliLindungi. Dan di kelas diatur jarak tempat duduk antar siswa sekitar 1 meter. Hal ini sesuai dengan standar yang ditetapkan Satgas Covid-19,” tambah Gusti Nyoman Naranata.

Demi menghindari kerumunan, pihaknya mengatur jam pembelajaran dalam 2 sesi.  Masuk pukul 7.30 dan selesai pada pukul 12.15 Wita

Ia berharap pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan tidak muncul lagi varian baru. Sehingga PTM tidak terganggu dan tetap dapat dilaksanakan. “Kita semua berharap pandemi ini segera berlalu dan tidak kembali melanda dunia sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya tanpa terganggu dengan hal ini. Demikian pula PTM tetap berlangsung untuk mencetak generasi kita lebih baik ke depannya,” harap Gusti Nyoman Naranata. (Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*