TP PKK Kabupaten Manggarai Berkolaborasi bersama PT Elnusa Gelar Acara Parenting Education di Era Digital Pasca Covid-19

BERITAFAJARTIMUR.COM (Wae Lengkas-MANGGARAI-NTT) | Pandemi virus corona (Covid-19) telah memberikan dampak terhadap seluruh segmen kehidupan manusia. Sejumlah aktivitas terpaksa harus dilakukan secara virtual.

Kondisi demikian telah merebak ke dunia pendidikan selama bertahun-tahun dan mengakibatkan para peserta didik disekolahkan dari rumah masing-masing dengan metode virtual. Peran orang tua dalam menghadapi tantangan di atas menjadi sangat penting karena harus mengganti peran guru di Sekolah. Selama pandemi Covid-19, tugas mendidik dan menjaga sebagian besar diemban oleh orang tua di rumah.

Mendidik dan membesar anak bukanlah hal yang mudah. Tidak sedikit juga anak-anak mendapat perlakuan yang semestinya. Berdasarkan data Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Manggarai, sepanjang tahun 2022 telah terjadi lima kasus kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Manggarai.

Melihat kondisi di atas, TP PKK Kabupaten Manggarai yang bekerja sama dengan Elnusa Consulting kemudian menyelenggarakan kegiatan Parenting Education di Era Digital dan Pandemi Covid 19. Elnusa Consulting yang berada di bawah naungan PT. Elnusa Mitra Niaga, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang riset, pelatihan dan pendampingan Sumber Daya Manusia.

Dalam kegiatan ini PKK Kabupaten Manggarai dan Elnusa Consulting mengedukasi tentang Pola Asuh (Parenting) di era digital dan pandemi Cov-19 dan memfasilitasi kebutuhan baseline survey yang mengarah pada pengumpulan data serta pemetaan potensi serta pola asuh orang tua pada era digital dan masa pandemi covid-19.

Tahapan ini kemudian akan menjadi data dan informasi awal dalam pertimbangan penyusunan program lanjutan TP PKK dan Bunda PAUD yang terlibat dalam rangkaian kegiatan ini mulai dari tingkat desa hingga kecamatan sebagai wujud langkah nyata menciptakan program yang tepat sasaran, adaptif dan berkelanjutan.

Kegiatan tersebut menghadirkan seluruh Ketua TP PKK desa se-kabupaten Manggarai dan berlangsung secara bergelombang sejak 11 sampai 21 Juni 2022 di Aula Rumah Ret-ret Putri Karmel, Wae Lengkas, Langke Rembong.

Saat membuka kegiatan, Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai, Meldyanti Hagur Nabit meminta kepada seluruh Ketua TP PKK Desa se-kabupaten Manggarai untuk aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya peran orang tua dalam tumbuh kembang anak.

“Kita mau supaya sejak dini para orang tua diajarkan untuk menciptakan lingkungan aman untuk tumbuh kembang anak”, ujarnya.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai tersebut menyampaikan bahwa Republik Indonesia memberikan anggaran yang tidak kecil untuk kabupaten Manggarai. Tugas Kabupaten Manggarai adalah menyiapkan generasi. Kita mengembangkan tugas penting demi masa depan Republik Indonesia. Menyiapkan generasi penerus yang mandiri, berdaya saing dan berpikiran maju.

Sementara itu, Direktur Utama Elnusa Consulting, Maria K. D. Sambang menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Manggarai karena telah melibatkan Elnusa Consulting dalam kegiatan pro-anak.

“Apresiasi besar terhadap TP PKK Kabupaten Manggarai yang telah memulai banyak pergerakan dan melibatkan campur tangan lintas sektor yang terkait dalam mendukung beragam program yang pro-anak. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik dalam usaha kita semua membentuk generasi Manggarai yang cerdas, mampu berpikir kritis, tangguh dan adaptif dalam menyongsong akselerasi era digital”, Ujar Maria K. D. Sambang

Direktur Elnusa tersebut juga berharap bahwa tugas pola asuh terhadap anak-anak Manggarai harus ddmenjadi tugas dan tanggung jawab seluruh elemen yang terkait dengan proses kehidupan anak.

“Tugas pola asuh terhadap anak-anak Manggarai tidak hanya menjadi tugas orang tua saja, tidak juga tugas PEMDA dan seluruh jajarannya, atau tugas sekolah saja tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh elemen yang terkait dengan proses kehidupan anak”, Tutupnya.

PENGUKUHAN BUNDA PAUD TINGKAT DESA

Setelah dibekali dengan sejumlah materi saat kegiatan Education Parenting, Bunda PAUD Kabupaten Manggarai, Meldyanti Hagur Nabit kemudian mengukuhkan Bunda PAUD tingkat desa se-kecamatan Satarmese Barat, Kecamatan Reok dan Reok Barat.

Pengukuhan tersebut dilakukan secara bergelombang sesuai dengan agenda Education Parenting yang digelar sebelum pelantikan berlangsung.

Pengukuhan tersebut ditandai dengan penyematan Selempang PAUD kepada setiap Bunda PAUD oleh Bunda PAUD Kabupaten Manggarai, Meldyanti Hagur Nabit dan penyematan Pin oleh Bunda PAUD II Kabupaten Manggarai, Florentina F. H. G. Ngabut.

Bunda PAUD Kabupaten Manggarai, Meldyanti Hagur Nabit meminta kepada para Bunda PAUD yang dikukuhkan agar segera mendorong anak-anak pada setiap desa untuk bergabung ke PAUD.

“Kalau kita anak-anak kita menjadi generasi yang tidak merepotkan keluarga dan negara, maka Pendidikan anak usia dini menjadi penting,” ujarnya.

Meldyanti juga meminta kepada seluruh Bunda PAUD yang dikukuhkan untuk memperhatikan keberadaan PAUD di setiap Desa.

“Cek PAUD di desa Masing-masing. Struktur organisasinya harus jelas. Jangan dibiarkan jalan sendiri. Kalau ada masalah silakan koordinasi ke Tim Bunda PAUD Kabupaten supaya tidak ada yang ditinggal karena ada persoalan,” lanjut Meldyanti.(BFT/MGR/Gregorius Setiawan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*