Tetap Waspada, Covid-19 belum Lenyap dari Bumi Komodo

BERITAFAJARTIMUR.COM (Labuan-Bajo-MABAR) ~
Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Paul Mami M.Kes, kepada media Beritafajartimur.com., mengaku masih ada puluhan pasien Covid-19 jalani isolasi secara mandiri (Isoman).

Pasien yang menjalani isolasi mandiri tersebut merupakan mayoritas pasien dengan gejala ringan tidak memerlukan rawat inap. Meski demikian, tetap dalam pengawasan petugas medis.

“Terdapat 21 orang kasus Covid-19 yang mengalami gejala ringan sedang jalani isolasi mandiri. 21 orang ini merupakan akumulasi dari perkembangan selama beberapa bulan terakhir ini,” tutur Paul Mami.

Paul Mami menambahkan, isolasi mandiri bagi pasien yang mengalami gejala ringan bisa dilakukan di rumah jika memungkinkan. Jika tidak, bisa dilakukan di rumah sakit atau sarana yang disediakan pemerintah kabupaten Manggarai Barat, misalnya Rumah Sakit.

“Proses penanganan pasiennya, masih kita ikuti Protap lama. Kalau pasiennya berat yach kita antar ke rumah sakit. Kalau yang ringan-ringan ya isolasi mandiri dan sejauh ini, 21 pasien itu masih yang ringan-ringan saja,” ungkapnya.

Untuk itu, Kadis Kesehatan Mabar meminta masyarakat tetap mengikuti aturan protokol Covid-19.

Meskipun pemerintah telah melonggarkan pembatasan-pembatasan yang diterapkan untuk mencegah penularan Covid-19, tetapi tetap menjalankan upaya-upaya untuk mencegah dan mengendalikan penularan penyakit tersebut, termasuk di antaranya melaksanakan vaksinasi yang masih diselenggarakan oleh Pemkab Mabar hingga saat ini.

Pihaknya terus berupaya memperkuat upaya pencegahan guna meminimalisir dampak terburuk pandemi COVID-19 baik dari sisi kesehatan maupun sosial ekonomi lainnya. (BFT/LBJ/Yoflan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*