Dosen Unika St.Paulus Ruteng Tulis Buku: “Mutiara Indah dari Sano Nggoang”

Caption: Rm. Ignasius Loy Semana, Pr.

“Sano Nggoang” itu tidak hanya mengacu pada sebuah danau nan indah yang telah menjadi salah satu objek wisata menarik di Nunang, Kecamatan Sano Nggoang, Manggarai Barat (Mabar). Mutiara makna dalam istilah Sano Nggoang bisa dilacak dari sisi geografis, sosiokultural, dan sosiopolitik.

Ignasius Loy Semana, Pr, seorang imam Keuskupan Ruteng dan juga salah satu staf pengajar (dosen) di Universitas Katolik (Unika) St. Paulus Ruteng, satu dari sekian orang Sano Nggoang yang berhasil menggali dan meracik pelbagai mutiara makna Sano Nggoang dalam sebuah buku bagus.

Pelbagai kekayaan alam, budaya, bahasa, kondisi tipologis dan perkembangan pariwisata di wilayah Hamente (Kecamatan) Sano Nggoang, khususnya kedaluan Matawae, menjadi fokus dan isi narasi dalam buku itu. Karena itu, rasanya tepat sekali karya itu diberi judul: “Mutiara Indah dari Sano Nggoang”.

Secara spesifik, dalam buku itu, penulis membahas tentang hubungan antara Kebudayaan, Bahasa, dan Pariwisata dengan corak hidup keseharian dari orang Matawae.

Itu berarti buku ini bukan hasil spekulasi teoretis, tetapi sebuah tinjauan yang berbasis riset empiris yang kredibel dan berdasarkan pengalaman ‘ada bersama’ di tengah masyarakat sebagai orang Matawae.

Jadi, subjek dan objek penelitian adalah masyarakat, kebudayaan, bahasa, dan pariwisata Sano Nggoang di Matawae, Flores.

Dalam buku ini, penulis mengupas tuntas tentang kebudayaan, watak dan
kerohanian masyarakat, bahasa, dan kondisi lingkungan hidup di Sano Nggoang.

Penulis mengawali tulisan dengan sebuah himne atau pujian tentang alam semesta, tentang penciptaan alam semesta secara biblis (Kejadian bab 1 dan 2) dan secara ilmiah (teori Big Bang), himne tentang hakikat manusia sebagai homo sapiens yang melandasi pengembangan relasi harmonis antara manusia dengan sesama, dengan alam, dan dengan Pencipta langit dan bumi.

Kedua, penulis membahas tentang konsep kebudayaan, simbol-simbol kebudayaan, dan hubungan antara konsep dan simbol kebudayaan itu yang diungkapkan dalam bahasa.

Dalam hal ini, penulis menemukan bahwa terjadi hubungan yang sangat erat antara kebudayaan dan bahasa-bahasa di Manggarai Barat, yaitu bahasa dan kebudayaan di wilayah Haminte Matawae (bagian tengah), Kempo (bagian utara), Mburak (bagian barat), dan Bajo (bagian selatan).

Penulis juga menemukan bahwa bahasa dan kebudayaan Sano Nggoang memiliki perbedaan signifikan dengan bahasa dan kebudayaan Manggarai Raya.

Ketiga, penulis membahas secara khusus tentang watak dan kerohanian orang Matawae; watak dan kerohanian orang Matawae sangat dipengaruhi oleh relasi dan interaksi alami dengan alam semesta dan relasi rohani dengan Pencipta.

Watak dan kerohanian orang Matawae dapat ditinjau dari pemahaman tentang dirinya, sesama, dan lingkungan, yang terungkap dalam penghormatan terhadap sesama, penghargaan terhadap kebudayaan, keberadaban dalam berbahasa, dan perlindungan terhadap lingkungan hidup.

Keempat, penulis membahas tentang lingkungan hidup dan pariwisata di Sano Nggoang. Penulis menarasikan keindahan alam Sano Nggoang dengan didukung oleh dokumentasi gambar.

Keindahan alam Sano Nggoang telah menarik banyak turis mancanegara dan domestik untuk melancong ke Sano Nggoang dan menginap di beberapa Homestay dan vila indah, yaitu Vila Alam Sano Nggoang yang berlokasi di bibir danau Nggoang.

Keindahan alam Sano Nggoang dapat diklasifikasikan dalam beberapa aspek, yaitu keindahan flora dan fauna, keindahan topografis dan geologis, keindahan kebudayaan, dan keelokan bahasa.

Ketika membaca buku ini rasanya seperti kita dihantar menuju paradise untuk memahami eksistensi kita, relasi kita, dan komitmen kita di alam semesta ini.

Kelebihan buku ini adalah gaya pemaparannya yang jernih dan orisinal sebab ditulis oleh penulis kelahiran Matawae, pencinta lingkungan hidup, pengagum bahasa dan budaya, dan memiliki bidang keahlian ilmu bahasa, yaitu bidang linguistik bahasa Inggris.

Untuk menerangkan isi buku, khususnya terkait dengan beberapa istilah, penulis menggunakan beberapa bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Latin, bahasa Manggarai, dan bahasa Matawae.

Rm. Ignas, mungkin orang pertama yang meneliti dan menulis secara ilmiah tentang Sano Nggoang dan pelbagai pernak-pernik keindahan budaya dan bahasanya. Ini sebuah karya langka yang tentu saja sangat besar sumbangannya dalam memperkenalkan Sano Nggoang ke pentas diskursus ilmiah.**(BFT/LBJ/Yoflan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*