Implementasikan Instruksi Gubernur Bali Terkait Tumpek Krulut, SMA 4 Denpasar Gelar Kegiatan Skala & Niskala

Ket. Foto: (1). Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Denpasar, I Made Sudana, S.Pd.,M.Pd.
(2). Kegiatan Donor Darah Civitas SMA Negeri 4 Denpasar.
(3). Kegiatan Pemberian Bantuan yang merupakan wujud berbagi kasih Civitas Akademika SMA Negeri 4 Denpasar di Panti Asuhan Tat Twam Asih di Jalan Jaya Giri Denpasar pada 17 Februari 2023.
(4). Kegiatan Niskala berupa Persembahyangan bersama SMA 4 Denpasar di Pura Sekolah setempat pada 18 Februari 2023.

BERITAFAJARTIMUR.COM (Denpasar-BALI) Hari Raya Valentine, yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari sudah dikenal masyarakat global. Tapi tahu kah anda, ternyata dalam masyarakat Bali beragama Hindu ada hari kasih sayang bernama Hari Raya Tumpek Krulut, yang mana tahun ini dilaksanakan pada, Sabtu, 18 Februari 2023. Perayaan Hari Tumpek Kerulut di Bali diperkuat dengan Instruksi Gubernur Bali nomor 8 Tahun 2022 berisi tentang Perayaan Rahina Tumpek Krulut dengan Upacara Jana Kerthi sebagai pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru. Karena itu, pada hari ini, umat Hindu Bali melaksanakan persembahyangan di Pura selain sebagai bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi / Tuhan Yang Maha Esa sebagai sumber kasih sayang tersebut. Juga kepedulian terhadap nasib sesama yang kurang beruntung hidupnya seperti keluarga prasejahtera, anak-anak yatim/piatu, dan lainnya.

Hal demikian, dilakukan Civitas SMA Negeri 4 Denpasar, dimana dalam merayakan hari Tumpek Krulut dan sebagai bentuk implementasi Instruksi Gubernur Bali nomor 8 Tahun 2022 melaksanakan kegiatan Skala dan Niskala. “Ya sebagai bentuk implementasi dari adanya Instruksi Bapak Gubernur Bali nomor 8 Tahun 2022, maka kami civitas akademika SMA Negeri 4 Denpasar menggelar dua kegiatan Skala dan Niskala. Untuk Kegiatan Skala, kami lakukan pada Jumat kemarin tanggal 17 Februari 2023 dengan mengunjungi Panti Asuhan Tat Twam Asih di Jalan Jaya Giri Denpasar untuk berbagi kasih bersama anak-anak penghuni Panti Asuhan Tat Twam Asih. Kami berbagi bantuan berupa bahan makanan, mie instan, dan sejenisnya. Juga ada uang sedikit yang kami sumbangkan. Dan di hari yang sama, kami juga melakukan kegiatan donor darah di sekolah. Donor darah ini diikuti para Guru, para pegawai, dan siswa-siswi SMA 4 dan ada juga masyarakat di sekitar sekolah, atas kerja sama dengan PMI Kabupaten Badung. Donor darah ini diikuti sekitar 80 orang. Dan hasilnya, kami bisa kumpulkan 80 kantong darah,” jelas Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Denpasar, I Made Sudana, S.Pd., M.Pd., kepada Beritafajartimur, di sekolah setempat, Sabtu, 18 Februari 2023.

Lanjut I Made Sudana, S.Pd.,M.Pd., menjelaskan,” Untuk Kegiatan Niskala, segenap keluarga besar SMA 4 Denpasar melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Sekolah. Ini sebagai bentuk bakti dan ungkapan syukur kami kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas rahmat yang diberikan Nya kepada SMA 4 hingga saat ini bisa menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan baik,” ungkapnya.

Pihaknya berharap,” melalui kegiatan Skala dan Niskala tersebut, kedepannya, segenap civitas akademika SMA 4 Denpasar mampu mengimplementasikan nilai-nilai kasih sayang tersebut tidak hanya ketika hari raya Tumpek Krulut, namun menjadi kebiasaan sehari-hari. Ini lah yang menjadi harapan kita di SMA 4,” harap Sudana.

Di lain pihak, Ketua Panitia Ibu Sri Harmoni menjelaskan, terkait donor darah dikatakan bahwa antusiasme siswa-siswi kelas XII SMA 4 Denpasar dalam kegiatan donor darah ini sangat tinggi. Itu terbukti dari banyaknya jumlah siswa yang ikut mendaftar. Peserta jumlah sebanyak 85 orang mendapat 80 kantong darah yang 5 orang tidak memenuhi persyaratan. (Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*